Terlengkap di Jateng, Saloka Theme Park Siap Jadi Ikon Baru Pariwisata

Wali Kota Salatiga, Yuliyanto, saat menghadiri soft opening Saloka Theme Park di Tuntang, Kabupaten Semarang, Sabtu (15/12 - 2018). (Semarangpos.com/Imam Yuda S.)
15 Desember 2018 18:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Taman wisata dan rekreasi Saloka Theme Park resmi dibuka, Sabtu (15/12/2018). Menyajikan 25 wahana permainan, objek wisata yang terletak di Jl. Fatmawati No. 154 Lopait, Tuntang, Kabupaten Semarang, itu diklaim menjadi yang terbesar dan terlengkap di Jawa Tengah (Jateng).

Managing Director PT Panorama Indah Permai selaku perusahaan yang mengelola Saloka Theme Park, Teddy Darmanto, optimistis taman wisatanya itu mampu menarik perhatian wisatawan lokal, khususnya yang berasal dari Jateng.

Bahkan, ia yakin Saloka Theme Park berpotensi menjadi ikon baru dan destinasi unggulan bagi pariwisata di Jateng, layaknya taman rekreasi, Jatim Park, yang ada di Kota Batu, Jawa Timur (Jatim).

“Saloka saat ini merupakan satu-satunya taman wisata terbesar di Jateng yang menyajikan permainan paling lengkap. Jadi, untuk masyarakat Jateng buat apa jauh-jauh ke Jatim kalau di Jateng sudah ada,” ujar Teddy di sela acara pembukaan Saloka Theme Park.

Keyakinan Teddy itu bukan tanpa alasan. Berdiri di atas lahan seluas 18 hektare, Saloka Theme Park memang menyajikan aneka wahana permainan yang menarik dan menantang bagi para pengunjung. Mulai dari rollercoaster, Bianglala, hingga air mancur menari atau dancing fountain tersaji di objek wisata yang terletak di kawasan perbatasan Kabupaten Semarang dengan Kota Salatiga.

Uniknya, ke-25 wahana permainan yang disajikan di Saloka Theme Park diberi nama yang berbeda dengan taman rekreasi lainnya. Seperti Bianglala diubah menjadi Cakrawala, rollercoaster menjadi Lika-liku, dan dancing fountain diganti menjadi Jejogetan.

“Kita memang mengusung konsep kearifan lokal. Jadi nama-nama wahana kami ubah agar lebih familier bagi pengunjung,” imbuh Teddy.

Acara pembukaan atau soft opening Saloka Theme Park berlangsung cukup meriah. Acara dibuka dengan pertunjukan seni, seperti sendratari Baru Klinting, dan lain-lain.

Acara pembukaan turut dihadiri pejabat pemerintah setempat, seperti Wali Kota Salatiga, Yuliyanto, dan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang, Dewi Pramuningsih.

Yuliyanto berharap keberadaan Saloka Theme Park memberikan efek domino bagi masyarakat Salatiga. Meski pun lokasi Saloka Theme Park berada wilayah Kabupaten Semarang.

"Harapan kami jelas adanya objek wisata ini bisa mendongkrak perekonomian masyarakat, tak hanya Kabupaten Semarang tapi juga Salatiga. Wisatawan bisa berkunjung di Saloka, nanti makan dan menginapnya di Salatiga. Salatiga kan kulinernya banyak," ujar Yuliyanto saat berbincang dengan Semarangpos.com.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya