Semarang Zoo Tambah Koleksi Satwa di 2019

Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu (kiri) didampingi Direktur PT Taman Margasatwa Semarang (Semarang Zoo) Samsul Arifin memangku anak harimau benggala koleksi Semarang Zoo, Selasa (31/7 - 2018). (Antara/Zuhdiar Laeis)
30 Desember 2018 10:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Taman Margasatwa Semarang Zoo berencana menambah koleksi satwanya pada tahun 2019 mendatang demi meningkatkan kunjungan wisatawan. "Kami berencana menambah koleksi satwa pada tahun depan, seperti unta, jerapah, zebra, dan kanguru," kata Direktur Semarang Zoo Samsul Bahri Siregar di Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat (28/12/2018).

Saat ini, kata dia, setidaknya ada 100 spesies binatang yang menjadi koleksi Semarang Zoo, seperti harimau benggala sebanyak 14 ekor, singa satu ekor, orang utan empat ekor. Kemudian, dua ekor gajah, 62 ekor buaya, enam ekor kanguru, dan lainnya, termasuk berbagai spesies burung dan ular di objek wisata yang lebih kondang dengan sebutan kebun binatang alias Bonbin Mangkang itu.

"Kendalanya pada keterbatasan anggaran karena selama ini kami mengelola sendiri pengeluaran yang diperlukan dari hasil penjualan tiket masuk Semarang Zoo," katanya.

Namun, ia memastikan adanya perbaikan kualitas, fasilitas, pelayanan kepada pengunjung, termasuk penambahan koleksi satwa yang akan dilakukan pada tahun depan. Perbaikan fasilitas, kata dia, terus dilakukan untuk mengantisipasi seperti kejadian lepasnya harimau beberapa waktu lalu sehingga kandang untuk hewan buas dibenahi.

Kandang harimau, beruang, dan singa misalnya, lanjut dia, sudah direnovasi agar tidak mudah diterobos binatang buas, termasuk pintu dibuat dengan dua pengamanan. "Selain itu, perbaikan kualitas sumber daya manusia [SDM], yakni pawang. Bagaimana meningkatkan profesionalisme mereka. Jangan sampai lengah dalam merawat satwa," katanya.

Diakuinya, tingkat kunjungan di Semarang Zoo pada musim liburan, seperti libur Hari Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 ini naik signifikan dengan lebih dari 5.000 wisatawan/hari. Sejak 23 Desember 2018, papar dia, jumlah pengunjung bisa mencapai 7.000 wisatawan dan diperkirakan hingga libur Tahun Baru 2019 berkisar di angka 6.000-7.000 wisatawan/hari.

"Jumlah pengunjung pada musim liburan sekolah ini naik hampir dua kali lipat dibandingkan hari biasanya. Ya, setiap musim libur sekolah, Natal, Tahun Baru, dan Lebaran," katanya.

Bukan hanya menyuguhkan koleksi satwa, berbagai hiburan menurut Samsul Bahri Siregar, digelar demi menarik wisatawan. Pentas dangdut misalnya, diisi oleh artis-artis bintang pantura.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara