Rayakan Malam Pergantian Tahun, Mahasiswa di Semarang Ini Pamerkan Hasil Karya

Salah seorang pengunjung tengah melihat hasil karya mahasiswa DKV Udinus dalam pameran Rumah Ramah Senyum di Semarang, Senin (31/12 - 2018). (Semarangpos.com/Rumah Ramah Senyum)
03 Januari 2019 06:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Malam pergantian tahun biasanya dilakukan dengan bersenang-senang, seperti menggelar pesta atau yang lainnya. Namun, hal berbeda dilakukan mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Program Studi (Prodi) Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus), Kota Semarang saat malam Tahun Baru 2019.

Mahasiswa DKV Udinus yang tergabung dalam Rumah Ramah Senyum memanfaatkan momen pergantian tahun dengan menggelar pameran visual bertajuk Imaginaspace di Jl. Genuk Krajan I, Candisari, Kota Semarang. Pamerang yang digelar sejak Senin (31/12/2018) hingga Sabtu (12/1/2019) menampilkan berbagai karya, seperti lukisan mural dengan menggunakan media kayu lapis berukuran 100 x 120 sentimeter (cm).

Salah satu penggagas kegiatan itu, Wahyu Krisdianto, mengatakan pameran tersebut merupakan yang kali kedua digelar Rumah Ramah Senyum. Tujuannya, selain untuk memberikan ruang ekspresi bagi mahasiswa juga sebagai sarana membangun interaksi antarsesama mahasiswa DKV Udinus.

“Kami sadar di lingkungan kampus masih banyak interaksi antarmahasiswa yang belum sepenuhnya terbangun. Dari situ hubungan harmonisasi jadi kurang hangat. Dengan adanya kegiatan ini kami bisa berkumpul, berbaur, berbagi, sekaligus membangun interaksi baru dengan masyarakat di luar lingkungan kampus,” ujar Wahyu dalam keterangan resmi yang diterima Semarangpos.com, Rabu (2/1/2019).

Selain menjalin hubungan antarmahasiswa maupun masyarakat di luar kampus, Wahyu menilai kegiatan tersebut juga sebagai ajang bertukar pikiran, ide, maupun gagasan.

“Ini memang mahasiswa lintas generasi, bahkan alumni juga terlibat dalam penyelenggaraan pameran ini. Dari sini, kami berharap akan timbul kerja sama yang bisa dijalin saat kita terjun ke masyarakat nanti,” ujar mahasiswa semester 7 itu.

Sementara itu, Ketua RW 001 Genuk Krajan, Rusman Sayogo, memberikan apresiasi atas kegiatan para mahasiswa DKV Udinus itu. Menurutnya kegiatan semacam ini sangat perlu digelar di tengah masyarakat sebagai upaya memerangi tindakan-tindakan negatif seperti penyalahgunaan narkoba.

“Saya melihat apa yang dilakukan adik-adik di sini itu saya sangat senang. Ada sebuah kegiatan di kampung ini yang tentunya sangat positif. Ini memang selayaknya digelar di tengah masyarakat karena ini juga sangat jauh dari yang namanya tindak kejahatan,” ujar Rusman.

Selain menampilkan karya mural, pihak penyelenggara juga menyuguhkan berbagai pertunjukan di antaranya live painting dan live accoustic. Adapun live painting dilakukan dengan menggambar di atas media sepeda motor tua. Pameran yang digelar hingga 12 Januari itu dibuka untuk umum mulai pukul 18.00-23.00 WIB.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya