Batang Bangun Kawasan Kuliner PKL

Bupati Batang Wihaji meninjau rencana pemindahan para pedagang kaki lima ke lokasi kawasan kuliner di Jl. Ahmad Dahlan. (Antara/Kutnadi)
04 Januari 2019 11:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, BATANG — Pemerintah Kabupaten Batang segera membangun sentra atau kawasan kuliner pedagang kaki lima di Jl. Ahmad Dahlan, Batang, Jawa Tengah. Langkah itu ditempuh sebagai upaya memecah keramaian pusat kuliner di Jl. Alun-Alun Batang.

Bupati Batang Wihaji di Pekalongan, Rabu (2/1/2019), mengatakan bahwa dipilihnya Jl. Ahmad Dahlan sebagai kawasan kuliner pedagang kaki lima tersebut karena kondisinya tidak terlalu ramai, namun jarak lokasinya masih berdekatan dengan Jl. Alun-Alun Batang.

"Saat ini, tingkat keramaian para pedagang kaki lima maupun kulienr masih terpusat di Jl. Alun-Alun Batang dan Jalan Diponegoro sehingga perlu adanya penataan kawasan perkotaan. Kita tidak hanya menggeser para pedagang kaki lima ke Jl. Ahmad Dahlan namun di sana [Jl. Ahmad Dahlan] akan juga disiapkan tempat arena bermain anak-anak," katanya.

Ia mengatakan meski sebagian pedagang kaki lima akan digeser berjualan di Jl. Achmad Dalan namun untuk pusat perekonimian dan keramaian malam masih akan tetap terpusat di Jl. Alun-Alun. "Nantinya, Jl. Ahmad Dahlan akan dimanfaatkan untuk kuliner pedagang kaki lima yang semula berjualan di sekitar Jalan Alun-Alun. Pemindahan para pedagang kaki lima tersebut juga bertujuan menumbuhkan perekonomian baru," katanya.

Kepala Dinas Perdagangan Perrindustrian dan Koperasi Kabupaten Batang Suresmi mengatakan bahwa pemkab akan segera mensosialisasikan pada para pedagang kaki lima yang semula berjualan di Jl. Alun-Alun. "Rencana itu, memamg baru konsep yang harus disosialisasikan dulu pada masyarakat. Rencananya, sosialisasi juga akan melibatkan pedagang kali lima yang berjualan di Jl. Alun-Alun Batang, Kamis [3/1/2018]," katanya.

Menurut dia, pemindahan pedagang kaki lima yang telah terdata di Jl. Ahmad Yani, Jl. Veteran, Jl. Brigjen Katamso, dan Jl. Diponegoro. "Pedagang kaki lima yang telah terdata sebanyak 70 orang yang akan kita geser ke Jl. Achmad Dahlan. Kami juga merencanakan tempat arena bermain anak-anak juga akan dipindahhkan ke sana," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara