Angin Kencang Landa Magelang, Pohon Tumbang, Rumah Rusak

Sukarelawan menyingkirkan pohon tumbang yang menimpa rumah warga kala angin kencang melanda Magelang, Rabu (9/1 - 2019). (Antara/BPBD Kabupaten Magelang)
10 Januari 2019 01:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, MUNGKID — Angin kencang yang melanda sebagian wilayah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Rabu (9/1/2019) petang, mengakibatkan pohon tumbang dan rumah rusak.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Magelang, Edy Susanto, menuturkan angin kencang yang disertai hujan terjadi sekitar pukul 15.30 WIB. Cuaca buruk itu melanda wilayah Kecamatan Mungkid, Muntilan, dan Kecamatan Borobudur.

Ia menyebutkan angin kencang di Kecamatan Muntilan mengakibatkan sebuah pohon tumbang menimpa bengkel milik Nurdin Arif, 50, di Dusun Demangan, Desa Congkrang, Kecamatan Muntilan. Angin kencang tersebut juga mengakibatkan rusaknya rumah milik Siti Fatonah Dusun Drojokan di Desa Adikarto, rumah milik Heni Rahman, 38, di Dusun Japuan, Desa Tanjung.  Sementara itu, di Dusun Temanem, Desa Adikarto dilaporkan tiga rumah milik Zaenal Abidin, Marwoto, dan Surahman rusak.

Di Kecamatan Mungkin, rumah Sudaryono, 49, di Dusun Kepanjen, Desa Menayu juga rusak akibat angin kencang itu. Sedangkan di Dusun Bojong I, Desa Mendut, angin merusak rumah milik Wahyuningsih. Di Dusun Gentan, Desa Mendut mengakibatkan tiga rumah milik Muhajir, 82, Wahyono, 48, dan Badawi, 65, juga rusak.  Di Dusun Nglaseman, Desa Ngrajek, Kecamatan Mungkid angin juga merusak rumah milik Komari, 60.

Di Kecamatan Borobudur angin kencang mengakibatkan rusaknya 10 rumah di Dusun Tingal Wetan, Desa Wanurejo. Ke-10 rumah itu milik Muhajir, 75, Dakwan, 80, Asropi, 48, Parlan, 70, Anwari, 40, Joyo Sarinten, 70, Nyono Sudarto, 75, Suyatno, 62, Maryoto, 54, dan Wahyono, 48. Sedangkan di Dusun Tingal Kulon, Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur, angin juga merusakkan rumah Muhadi, 55.

"Hujan dengan intensitas sedang disertai angin kencang tersebut mengakibatkan 23 rumah rusak ringan dan sejumlah pohon tumbang menutup sebagian akses jalan," katanya.

Ia mengatakan upaya penanganan dilakukan oleh Satgas dan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Magelang dengan melakukan pemotongan dan pembersihan batang pohon oleh BPBD, Satpol PP dan Damkar, PLN, Polri, serta sukarelawan.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

Sumber : Antara