Semarang Kota Tercerdas Setelah Surabaya

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Semarang Nana Storada (tengah) berdanpingan dengan Wali Kota Surabaya Tri Risma Harini menerima penghargaan Indeks Kota Cerdas Indonesia (IKCI) 2018 di Jakarta, Rabu (9/1 - 2019). (Antara/Setda Kota Semarang)
14 Januari 2019 08:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Kota Semarang kembali mencatatkan prestasi dalam Indeks Kota Cerdas Indonesia (IKCI) 2018 untuk kategori kota metropolitan. Kota Semarang menjadi penengah antara Kota Surabaya di peringkat pertama dan Kota Tangerang Selatan di peringkat ketiga.

"Dalam IKCI 2018, Semarang mendapatkan nilai 63,69," kata Kepala Bagian Humas dan Protokoler Sekretariat Daerah Kota Semarang Wing Wiyarso di Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis (10/1/2019). Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Semarang Nana Stodara berangkat ke Jakarta, Rabu (9/1/2018), untuk menerima penghargaan tersebut.

Penyusunan indeks tersebut, kata dia, dibangun dari banyak aspek yang dikelompokkan dalam enam pilar, yakni lingkungan cerdas, mobilitas, pemerintahan, ekonomi, masyarakat, dan kualitas hidup. Dengan enam pilar itu sebagai pedoman kemudian diterapkan pada 93 kota di Indonesia yang kemudian dirumuskan peringkat indeks kota cerdas berdasarkan implementasinya.

Dari 93 kota yang dinilai, dibagi dalam empat kategori sesuai jumlah penduduknya, yakni kota metropolitan, kota besar, kota sedang, dan kota kecil. Kota metropolitan berpenduduk lebih dari 1 juta jiwa, kota besar memiliki 500.000 penduduk hingga 1 juta penduduk, kota sedang berpenduduk 100.000-500.000 jiwa, dan kota kecil berpenduduk paling banyak 100.000 jiwa.

Wing menjelaskan 12 kota terpilih dengan skor tertinggi, yakni Surabaya, Semarang, dan Tangerang Selatan untuk kategori kota metropolitan. Untuk kota besar (Denpasar, Solo, Malang), kota sedang (Manado, Salatiga, Yogyakarta), dan kota kecil (Padang Panjang, Sungai Penuh, Solok).

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara