10 Mahasiswa UKSW Ikuti Global Youth Summit

Wali Kota Salatiga, Yuliyanto, berfoto bersama delegasi UKSW pada Global Youth Summit 2019 di rumah dinas Wali Kota Salatiga, Selasa (15/1 - 2019). (Semarangpos.com/Humas UKSW Salatiga)
17 Januari 2019 06:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Sebanyak 10 mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga terpilih sebagai Global Youth Summit (GYS) 2019. Kegiatan yang digelar di SMA Taruna Nusantara, Magelang, Jawa Tengah (Jateng), Kamis-Minggu (16-20/1/2019) itu akan mempertemukan kaum muda perwakilan dari 14 negara se-Asia Pasifik.

Selain 10 mahasiswa itu yang menjadi fasilitator, dalam kegiatan yang diprakarsai Hemispheres Foundation Singapura itu, UKSW Salatiga juga mengirimkan satu mahasiswanya sebagai peserta. Mahasiswa UKSW yang menjadi peserta GYS 2019 itu adalah Andrea Amanda Witjaksono dari Fakultas Biologi.

Ke-11 mahasiswa UKSW Salatiga itu secara simbolis dilepas Wali Kota Salatiga, Yulianto, di rumah dinas Wali Kota Salatiga, Selasa (15/1/2019) pagi. Mereka didampingi Aldi Herindra Lasso, selaku dosen Prodi Destinasi Pariwisata Fakultas Interdisplin UKSW.

Aldi mengatakan 10 mahasiswa UKSW terpilih sebagai fasilitator GYS 2019 setelah melalui serangkaian seleksi. Mereka juga telah memperoleh pembekalan dari Hemispheres Foundation Singapura bersama 12 fasilitator lain dari SMA Taruna Nusantara.

“GYS adalah sebuah paket event bagi kawula muda, di mana di dalamnya terdapat berbagai kegiatan seperti seminar, diskusi, field trip dan kegiatan lainnya yang terfokus pada kepedulian lingkungan hidup. Pesertanya remaja mulai dari usia 11-21 tahun. Tahun 2019 Biodiversity and Water Scarcity diambil sebagai tema besar pada acara ini,” terang Aldi dalam keterangan resmi.

Aldi menambahkan selama kegiatan peserta akan diberikan materi dari beberapa pembicara level internasional dengan harapan peserta dapat mengikuti seluruh rangkain kegiatan tersebut. Terlebih mereka akan dibangunkan kesadarannya tentang isu-isu global yang berkaitan dengan lingkungan hidup saat ini. Output dari kegiatan tersebut peserta akan membuat proyek untuk membantu masyarakat lokal dalam menghadapi permasalahan lingkungan.

Selama kegiatan berlangsung, 10 mahasiswa UKSW yang menjadi fasilitator akan mendampingi para peserta dalam setiap aktivitas yang diselenggarakan. Mereka adalah Anindia Larasati, Fausta Abednego, Theresia Lukita Oktarisa, Pamela Natasya, Kharisma Istiana Putri, Agung Tyas Widodo, Suwarsih (prodi Destinasi Pariwisata Fakultas Interdisiplin), Richard D. Anggada (Fakultas Biologi), dan Kevin Alvaro Biantoro, Firma Friskila Tati (prodi Public Relation FTI).

Sementara itu, Wali Kota Salatiga, Yulianto, berharap seluruh delegasi UKSW nantinya bisa memberikan kontribusi positif bagi kota Salatiga. “Tiga tahun berturut-turut Salatiga memperoleh Piala Adipura sebagai bentuk penghargaan yang diraih atas keberhasilan dalam menjaga kebersihan serta pengelolaan lingkungan. Kami berharap kedepan kalian dapat memberikan ide inovasi di bidang lingkungan. Kota Salatiga yang belum lama ini juga meraih predikat kota cerdas membuat kami memiliki tangung jawab untuk mengajak masyarakat peduli lingkungan” tutur walikota Salatiga.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya