Tol Pemalang-Batang Retak Hanya Karena Hujan

Kendaraan melintas di ruas jalan tol Pemalang-Batang yang retak di Km. 321, Kelangdepok, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, Jumat (18/1 - 2019). (Antara/Harviyan Perdana Putra)
20 Januari 2019 14:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Jalur jalan tol Pemalang-Batang retak di Km. 321, Kelangdepok, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Retakan sepanjang 50 m yang diketahui Jumat (18/1/2019) itu diduga akibat longsor pada sisi selatan jalan tol dampak curah hujan yang tinggi sejak Rabu (16/1/2019) sore.

Ruas jalan tol Pemalang-Batang yang mengalami retak dan longsor fondasi penahannya segera diperbaiki oleh pihak terkait, Minggu (20/1/2019). "Besok selesai semua perbaikannya, itu kan di bahu jalan," kata Direktur Teknik dan Operasi PT Pemalang Batang Toll Road Arman D. Panjaitan seusai Sosialisasi Pemberlakuan Tarif Tol Ruas Baru Trans Jawa dan Mekanisme Diskon Tarif di Gedung Operasional Trans Marga Jateng (TMJ) Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (19/1/2019).

Ia menjelaskan bahwa retakan sepanjang kurang lebih 30 m pada jalan tol Pemalang-Batang dan longsornya fondasi penahan tersebut akibat hujan deras selama dua hari di wilayah setempat. "[Kerusakan] itu terjadi akibat hujan lebat terus-menerus selama dua hari, kaki timbunan itu jenuh air menjadi lemah sehingga talud jalannya turun dan membawa perkerasan turun," ujarnya.

Menurut dia, kerusakan tersebut tidak terjadi di jalan utama, melainkan pada bagian bahu jalan. "Sebetulnya kalau jalan utamanya gak apa-apa, yang terganggu bahu jalan jadi tidak mengganggu pengguna jalan, tapi pasti kita pasang rambu-rambu sehingga orang harus mengurangi kecepatan," katanya.

Guna mengantisipasi kerusakan serupa di sejumlah ruas jalan tol, PT Pemalang Batang Toll Road akan melakukan pengawasan intensif terutama saat hujan deras. "Kita lagi awasi semuanya karena setelah hujan ini ternyata banyak pengerusan-pengerusan, badan jalan juga," ujarnya.

Akibat retaknya ruas jalan tol Pemalang-Batang dan longsornya fondasi penahan pada KM 321, jalan aspal tol yang berada ditepi tol nampak celah berlubang.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya



Sumber : Antara