Jateng Siap Gelar Pesta Olahraga Pelajar se-Asia Tenggara

Ilustrasi pertandingan antarpelajar. (Solopos.com)
22 Januari 2019 06:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Provinsi Jawa Tengah (Jateng) dipercaya menjadi tuan rumah pelaksanaan ASEAN School Games (ASG) 2019. Pesta olahraga antarpelajar se-Asia Tenggara itu rencana digelar di Semarang pada akhir Juli 2019 nanti.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jateng, Urip Sihabuddin, mengatakan ASG 2019 nanti akan diikuti 2.000 pelajar dari berbagai negara di Asia Tenggara. ASG 2019 akan mempertandingan sekitar 10 cabang olahraga (cabor), yakni renang, tenis lapangan, atletik, tenis meja, bola voli, pencak silat, bulu tangkis, sepak takraw, dan squash,

Sebagai tuan rumah, lanjut Urip, Jateng sudah sangat siap. Persiapan sudah dilakukan Jateng mulai dari administrasi hingga penginapan atlet.

“Semua sudah kami siapkan. Namun, dari sekian venue yang kami gunakan, yakni renang dan tenis lapangan, ada di kompleks Stadion Jatidiri. Untuk kolam renang belum selesai untuk diubah berstandar internasional karena proses lelang yang terlambat. Kalau untuk venue cabor lain sudah aman,” kata Urip saat menyampaikan paparan dalam Rapat Koordinasi Pelaksanaan APBD 2018 dan Persiapan Pelaksanaan APBD 2019 di Gedung B lantai kelima Setda Jateng, Kota Semarang, Senin (21/1/2019).

Ganjar pun meminta kepada instansi terkait untuk segera memulai lelang agar venue untuk ASG 2019 bisa selesai secepatnya.

"Kalau alasannya sekarang pelaksana tugasnya Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa sudah ada, bisa hari ini ditandatangani. Tolong hari ini ya?," pinta Ganjar.

Bukan kali ini saja Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah ASG. Pada 2012 lalu, Indonesia juga sempat menjadi tuan rumah event olahraga pelajar terbesar di Asia Tenggara itu. Namun saat itu, ASG digelar di Surabaya dengan Thailand tampil sebagai juara umum.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya