Purworejo Gantungkan Asa ke Bandara Baru

Bupati Purworejo Agus Bastian menerima kunjungan rombongan Komisi V DPR, Rabu (23/1 - 2019). (Antara/Heru Suyitno)
24 Januari 2019 03:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, PURWOREJO — Kabupaten Purworejo menggantung asa terhadap pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kabupaten Kulonporogo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Bandara baru itu diharapkan membawa dampak cukup besar terhadap perkembangan pembangunan di Purworejo, Jawa Tengah.

"Kabupaten Purworejo yang sekarang masih seperti desa, insyaallah ke depan Purworejo akan menjadi kota baru yang tentu saja dilengkapi dengan berbagai fsailitas," kata Bupati Purworejo Agus Bastian saat menerima rombongan Komisi V DPR yang dipimpin Anton Sukartono Suratto di Purworejo, Jawa Tengah, Rabu (23/1/2019).

Ia menuturkan Kabupaten Purworejo berada di segitiga emas yang menghubungkan wilayah selatan Pulau Jawa dan wilayah utara Pulau Jawa dan sebagai pintu gerbang udara utama yang tentu saja sebagai kota paling depan di wilayah Provinsi Jateng ketika nanti NYIA berdiri. "Oleh karena itu saya memohon kepada Komisi V untuk membantu dalam penataan infrastruktur yang lebih baik," katanya.

Purworejo dengan luas wilayah 1.038 km2 terbagi dalam 16 kecamatan, dengan 494 desa/kelurahan yang berpenduduk penduduk sekitar 800.000 jiwa. Selama ini, Purworejo diakui Agus Bastian terkendala oleh banjir setiap musim penghujan, terutama di Kecamatan Butuh, Purwodadi, dan Pituruh.

"Saya juga berharap pada Komisi V untuk membantu normalisasi sungai dan perbaikan Bendungan Tegalduren yang mengairi sekitar 400 ha lahan petani. Saya kira ini penting karena kalau musim penghujan begini petani sudah menanam akhirnya tidak bisa panen dan hal itu sangat membuat penderitaan petani," katanya.

Bupati mengatakan pihaknya juga merencanakan kota baru di sisi selatan, di situlah nanti akan dibangun perkotaan baru yang berisi perhotelan, industri, pergudangan dan pariwisata. "Nanti semua kita rencanakan, untuk itu kiranya Komisi V dapat membantu kami mempersiapkan kota baru," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara