Kampanye Bawa Anak, Annisa Trihapsari Kena Semprit Bawaslu Kendal

ilustrasi pemilu. (Solopos/Whisnu Paksa)
28 Januari 2019 06:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, KENDAL — Artis sekaligus calon anggota legislatif (caleg) dari Partai Berkarya, Annisa Trihapsari, mendapat teguran dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Mantan istri cucu presiden kedua RI, Ari Sigit, itu ditegur karena membawa anak saat melakukan kampanye di Pabrik Sagu Mutiara, Kecamatan  Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah (Jateng), Sabtu (26/1/2019).

"Kami lakukan pengawasan tadi, ternyata anak Annisa Trihapsari yang belum punya hak pilih ada di lokasi kampanye. Kami minta panitia agar anak-anak yang di lokasi kampanye segera pergi karena kampanye dilarang melibatkan WNI yang tidak punya hak pilih," jelas Ketua Bawaslu Kendal, Odilia Amy Wardayani, dalam keterangan resmi kepada Semarangpos.com, Minggu (27/1/2019).

Selain Annisa, hal serupa juga dialami caleg DPR RI lainnya yang berkontestasi di Dapil Jateng 1, Hans Hosman dari Partai Nasdem. Meski tak membawa anaknya, di lokasi kampanye Hans di Perum Putra Regency, Kaliwungu, Sabtu, juga terdapat beberapa anak yang masih di bawah umur dan belum memiliki hak pilih.

Serupa dengan yang terjadi di lokasi kampanye Annisa, anggota Bawaslu Kendal yang berada di lokasi kampanye Hans pun meminta agar anak-anak untuk meninggalkan lokasi terlebih dahulu sebelum kampanye digelar.

Untungnya peserta pemilu, baik Hans maupun Annisa merespons positif tindakan Bawaslu Kendal itu. Ia pun membawa anaknya meninggalkan lokasi kampanye.

Koordinasi Divisi Hukum Bawaslu Kendal, Arief Musthofifin, meminta agar peserta pemilu untuk lebih berhati-hati saat menggelar kampanye. Ia mengimbau peserta pemilu untuk lebih mengedepankan aturan sebelum kampanye.

"Kami berharap kejadian serupa tidak terjadi lagi. Pastikan dulu tidak ada potensi pelanggaran baru lakukan kampanye," ujar Arief.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya