KPU Mulai Distribusikan Surat Suara ke Jateng, Tegal Jadi yang Pertama

Anggota Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Semarang, Mughis, melakukan jumpa pers terkait kesiapan gudang logistik KPU di Kantor KPU Jateng, Semarang, Jumat (1/2 - 2018). (Semarangpos.com/Imam Yuda S.)
02 Februari 2019 10:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai mendistribusikan surat suara untuk Pemilu 2019 ke wilayah Jawa Tengah (Jateng). Kota Tegal menjadi daerah di Jateng yang kali pertama menerima surat suara.

“Surat suara saat ini dalam proses pendistribusian dari percetakan ke KPU kabupaten/kota di Jateng. Sampai saat ini, per 1 Februari, yang sudah menerima surat suara adalah KPU Kota Tegal,” ujar Komisioner KPU Jateng Divisi Perencanaan dan Logistik, Ikhwanuddin, saat menggelar konferensi pers di kantornya, Semarang, Jumat (1/2/2019) siang.

Menurut Ikhwanuddin, pembagian kertas suara didistribusikan secara bertahap di 35 Kabupaten atau Kota se-Jateng. KPU Kota Tegal menjadi institus yang lebih dulu mendapat kertas suara karena alasan jarak yang dekat dengan Ibu Kota Jakarta.

"Mungkin karena dekat dengan Jakarta dan mungkin jumlahnya tidak banyak," imbuh Ikhwanuddin.

Ikhwanuddin menambahkan untuk Pemilu 2019, KPU Jateng telah mempersiapkan seluruh logistik yang dibutuhkan. Logistik yang disiapkan itu antara lain menyelesaikan pengadaan kotak dan bilik suara, segel, pita, alat pencoblosan, hingga tinta untuk pemilih yang telah melakukan pencoblosan pada 17 April nanti.

“Logistik sudah ada di KPU kabupaten dan kota, kondisinya aman dan tidak ada yang rusak,” tutur Ikhwanuddin.

Sementara itu, lanjut Ikhwanuddin, untuk logistic pemilu seperti kotak suara hingga saat ini masih terbungkus plastik. Kotak suara ini rencana akan mulai dirakit anggota KPU di masing-masing wilayah per 1-28 Februari.

"Setelah  dirakit, surat suara dan logistik pemilu akan dimasukkan ke dalam kotak suara," tegas Ikhwanuddin.

Sementara itu, Anggota Biro Operasional Kepolisian Daerah (Polda) Jateng, AKP Bayu Marwoto, memastikan logistik Pemilu 2019 tersimpang dengan aman di dalam gudang KPU. Setiap gudang KPU kabupaten dan kota di Jateng dijaga minimal lima personel kepolisian selama 1x24 jam.

“Sudah kami lakukan pengecekan kemarin. Setiap gudang dijaga minimal lima petugas. Itu sudah sesuai ketentuan. Selain itu ada beberapa gudang yang letaknya juga tidak jauh dari kantor KPU,” tutur Bayu.

Selain dijaga ketat, gudang KPU tersebut juga dipastikan terbebas dari bencana banjir maupun serangan hama, seperti rayap. Untuk mengelola gudang itu, KPU juga menggandeng Perum Bulog agar gudang terjaga dengan baik.

“Bulog membantu kita dalam proses fumigasi. Sehingga, gudang terbebas dari hama, seperti rayap,” imbuh Ikhwanuddin.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya