Banyak Event, Taman Balekambang Solo Kalahkan Candi Prambanan dan Lawang Sewu

Taman Balekambang Solo. (Solopos/Dok)
05 Februari 2019 12:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Taman Balekambang di Kota Solo menempati urutan kedua dalam daftar objek wisata di Jawa Tengah (Jateng) yang paling banyak menyerap turis atau wisatawan domestik.

Data yang diperoleh Semarangpos.com dari Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jateng menyebutkan, selama 2018 Taman Balekambang dikunjungi sekitar 2.601.081 turis lokal. Jumlah ini hanya kalah dari Candi Borobudur di Kabupaten Magelang yang menempati urutan pertama dalam daftar objek wisata yang paling diminati wisatawan domestik, yakni mencapai 3.609.323 orang.

Sementara Candi Prambanan yang terletak di Kabupaten Klaten berada di urutan ketiga dalam daftar kunjungan wisatawan lokal, dengan jumlah 1.495.392 orang. Disusul Kota Lama dan Lawang Sewu di Kota Semarang di urutan keempat dengan jumlah turis mencapai 1.430.683 dan objek wisata air Owabong Purbalingga di urutan kelima, dengan jumlah wisatawan mencapai 1.168.657 orang.

Kepala Disporapar Jateng, Sinoeng Noegroho Rachmadi, menyebutkan Taman Balekambang memang memiliki magnet tersendiri bagi turis lokal. Taman yang terletak di tengah Kota Solo itu bahkan tak pernah sepi dari pengunjung baik saat weekend maupun libur sekolah.

“Kenapa Taman Balekambang ramai terus? Karena di situ tak pernah sepi event. Selalu ada event yang diselenggarakan di Balekambang, terutama saat libur panjang. Ini yang menjadi daya tarik wisatawan dan membuat tempat itu enggak pernah sepi,” ujar Sinoeng kepada wartawan di Semarang, Senin (4/2/2019).

Taman Balekambang merupakan taman yang dibangun di atas lahan seluas 9,8 hektare. Taman peninggalan KGPAA Mangkunegaran VII dan dibangun pada 1921 itu terdiri dari dua bagian, yakni kolam dan hutan kota.

Selain taman, di objek wisata ini pengunjung juga bisa menikmati berbagai pergelaran budaya, seperti wayang orang maupun ketoprak. Saat ada pertunjukan ketoprak, taman ini tak pernah sepi bahkan kala malam hari.

Kendati menyerap banyak turis lokal, Taman Balekambang rupanya kurang diminati wisatawan mancanegara (wisman). Bahkan Taman Balekambang tak masuk dalam daftar 10 destinasi wisata di Jateng yang paling banyak dikunjungi turis asing selama 2018.

Candi Borobudur masih menjadi magnet bagi wisatawan asing berkunjung ke Jateng. Selama 2018 tercatat 206.319 turis asing datang ke Candi Borobudur.

Sementara urutan kedua ditempati Candi Prambanan dengan jumlah wisman mencapai 186.719. Disusul Candi Mendut dan Pawon dengan 92.585 wisman, Kota Lama dan Lawang Sewu dengan 55.502 wisman, dan Bukit Rhema di Kabupaten Magelang dengan 21.484 wisman.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya