5 Kabupaten Sepakat Kudus Tuan Rumah Porprov 2022

Bupati Kudus Muhammad Tamzil dan Wakilnya Hartopo berfoto bersama sejumlah perwakilan dari pemerintah kabupaten tetangga di Pendapa Kabupaten Kudus, Rabu (6/2 - 2019). (Antara/Akhmad Nazaruddin Lathif)
07 Februari 2019 09:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, KUDUS — Lima kabupaten di eks Keresidenan Pati, Jawa Tengah, menyatakan dukungannya terhadap Kabupaten Kudus untuk menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Tengah XVI pada tahun 2022.

Dukungan kelima kabupaten tersebut terungkap ketika digelar rapat koordinasi antara Pemkab Kudus dengan lima kabupaten lainnya, seperti Kabupaten Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan yang digelar di Pendapa Kabupaten Kudus, Rabu (6/2/2019). "Hasil pertemuan hari ini, kelima kabupaten tetangga memang menyatakan siap mendukung Kota Kudus menjadi tuan rumah Porprov Jateng XVI," ungkap Bupati Kudus Muhammad Tamzil.

Untuk mempersiapkan diri sebagai tuan rumah Porprov Jateng XVI, kata Tamzil, Kudus harus melakukan sejumlah langkah, termasuk persiapan lokasi untuk seremonial pembukaan sekaligus penutupan. Nantinya, lanjut dia, lokasi setiap cabang olahraga yang hendak digelar akan dibagi-bagi. Adapun jumlah cabang olahraga yang hendak diperlombakan sebanyak 44 cabang olahraga.

Selain sebagai lokasi pembukaan dan penutupan, Kabupaten Kudus juga mendapat jatah penyelenggaraan pertandingan paling banyak, yakni 11 cabang olahraga. "Kami akan segera menyiapkan 11 cabor berikut arenanya," ujarnya.

Cabang olahraga lainnya, yakni untuk Kabupaten Pati sebanyak sembilan venue atau arena, Jepara tujuh venue, Rembang enam venue, Blora tujuh venue, dan sisanya akan memanfaatkan venue milik Kabupaten Grobogan.

Hasil kesepakatan tersebut, kata dia, akan menunggu persetujuan dari Gubernur Jateng. Sementara itu, Bupati Pati Haryanto menyampaikan venue yang ada di Kabupaten Pati sudah mulai disiapkan.  "Kami mengikuti keputusan dari tuan rumah nantinya," ujarnya.

Ia berharap agenda Porprov Jateng XVI bisa sesuai jadwal digelar setiap empat tahun sekali, bukannya mundur hingga lima tahun, seperti ajang Porprov tahun kemarin.

Pemkab Kudus sendiri memiliki sejumlah sarana dan prasarana olahraga, menyusul tersedianya pusat kegiatan olahraga (sport center) di Desa Wergu Wetan, Kecamatan Kota, Kudus.  Bahkan, stadion sepak bola juga sudah ada perbaikan sehingga kapasitas penonton semakin bertambah.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara