Di Cilacap, Menko PMK Bagikan Pas Kapal Nelayan

Menko PMK Puan Maharani (kanan) secara simbolis memberikan sertifikat Kartu Pas Kecil untuk nelayan di Cilacap, Jateng, Sabtu (9/2 - 2019). (Antara/Humas Kemenko PMK)
10 Februari 2019 02:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, CILACAP — Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani, Sabtu (9/2/2019), datang ke Cilacap demi memberikan secara simbolis Kartu PAS Kecil untuk nelayan kecil di Cilacap, Jawa Tengah. Kartu pas kecil adalah dokumen kebangsaan kapal—semacam STNK khusus kapal—untuk kapal berukuran kurang dari 7 gross tonnage.

Menko PMK Puan Maharani menganggap kehadirannya di Cilacap itu sebagai bukti kehadiran negara mendorong pengintegrasian program-program pemberdayaan bagi nelayan dan keluarganya guna meningkatkan kesejahteraan mereka. "Saya berharap pemerintah daerah dan Kementerian Perhubungan mengintegrasikan program-program pemberdayaan bagi nelayan dan keluarganya," katanya di Bandara Tunggul Wulung, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Sabtu.

Dia mengharapkan program pemberdayaan yang intensif membuat kesejahteraan nelayan terus meningkat. "Upaya untuk terus meningkatkan kesejahteraan nelayan dan keluarganya harus terus dilakukan," katanya.

Menko PMK menyampaikan pemberian kartu pas adalah program pemerintah bagi nelayan dalam menjamin keselamatan pelayaran. Dengan surat tanda kebangsaan kapal, maka kapal berhak mengibarkan bendera Indonesia sebagai bendera kebangsaan kapal. "Dengan pas, pemerintah dapat mengawasi dan memperhatikan masyarakat, khususnya para nelayan," katanya.

Dia mengatakan saat ini 3.260 sertifikat pas kecil sudah terbit, sedangkan pada kegiatan hari ini diberikan 254 pas kecil kepada nelayan di Cilacap. "Dengan adanya PAS kecil, adalah bukti bahwa negara hadir untuk nelayan dan pemerintah berharap nelayan merasa lebih aman dan nyaman dalam bekerja," katanya.

Hadir dalam acara tersebut Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Bupati Cilacap Tatto Suwarto, Kapolres Cilacap AKBP Djoko Julianto, para anggota Forum Pimpinan Daerah Kabupaten Cilacap, serta perwakilan masyarakat nelayan Cilacap.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara