Siswa SMP di Temanggung Simulasikan UNBK

Ratusan siswa SMP di Temanggung mengiikuti simulasi Ujian Nasional berbasis komputer (UNBK) di SMK Swadaya Temanggung, Jateng, Jumat (8/2 - 2019). (Antara/SMK Swadaya)
10 Februari 2019 06:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, TEMANGGUNG — Sebanyak 541 siswa dari empat sekolah menengah pertama (SMP) di Temanggung, Jawa Tengah, Jumat (8/2/2019), mengiikuti simulasi Ujian Nasional berbasis komputer (UNBK) di SMK Swadaya Temanggung, Jateng.

Kepala SMK Swadaya Muhasim mengatakan siswa-siswi tersebut berasal dari empat SMP di Kabupaten Temanggung, yakni SMPN 1 Tlogomulyo, SMPN 2 Bulu, SMPN Kandangan, dan MTs Ma'arif. "Dalam beberapa tahun terakhir ini, kami selalu memfasilitasi siswa SMP untuk melakukan simulasi hingga pelaksanaan UNBK," katanya.

Menurut dia dengan adanya simulasi tersebut, siswa diharapkan lebih familiar dengan pelaksanaan UNBK. Selanjutnya, mereka diharapan lebih siap saat pelaksanaan UNBK pada Maret mendatang. "Baik secara sistem maupun psikologi bisa lebih siap dengan pelaksanaan simulasi UNBK ini," katanya.

Wakil Kepala SMK Swadaya Humam Sabroni mengatakan selama ini pihaknya sangat terbuka kepada SMP-SMP di Temanggung untuk melaksanakan simulasi hingga pelaksanaan UNBK, namun kebetulan keempat SMP tersebut memang sudah lebih awal mengajukan permohonan untuk melaksanakan simulasi dan UNBK mendatang. Setelah melaksanakan simulasi ini, mereka nantinya akan melaksanakan UNBK di SMK Swadaya, kebetulan fasilitas untuk pelaksanaan UNBK di SMK Swadaya sudah mumpuni.

"Bukan berarti sekolah mereka tidak punya fasilitas untuk pelaksanaan UNBK, tetapi mungkin belum lengkap. Kebetulan sekolah kami sudah lengkap dan kami sangat terbuka untuk mereka," katanya.

Menurut dia dengan simulasi seperti ini ke depan saat pelaksanaan UNBK siswa akan menjadi lebih percaya diri, seandainya mengalami kendala namun tidak akan menjatuhkan mental mereka. "UNBK itu tidak hanya butuh persiapan materi pelajaran saja, tetapi juga butuh persiapan mental dan hal ini harus disiapkan sejak awal," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara