Temui Habib Luthfi, Abdul Somad Kini Syekh

Syeik Abdul Somad bersama K.H. Maimoen Zubair alias Mbah Moen. (Instagram/Ustad Abdul Somad)
11 Februari 2019 08:50 WIB Iim Fathimah Timorria Semarang Share :

Semarangpos.com, JAKARTA — Abdul Somad yang selama ini kondang sebagai UAS atau Ustaz Abdul Somad menyambangi sejumlah tokoh Islam di Jawa Tengah. Satu di antaranya adalah Maulana Al-Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya yang biasa disapa Habib Luthfi.

Foto pertemuan UAS dan para tokoh Islam itu diunggah UAS di akun Instagram @ustadzabdulsomad. Pada pertemuan dengan Habib Luthfi bin Yahya di kediamannya, Pekalongan, Jateng, Abdul Somad mengungkapkan dirinya meminta nasihat dan doa dari syarifah itu.

"Mohon ijazah zikir, doa dan nasihat. Kata-kata beliau penuh hikmah, 'Pohon itu, kalau sudah berbuah, akan ada kalong, ada semut, ada hama, itu baru pohon. Kalau cuma berbunga, belum pohon besar', kalimatnya penuh makna," tulis Somad di akun Instagram-nya, Sabtu (9/2/2019).

Pertemuan Abdul Somad dan Habib Luthfi itu bahkan disebarluaskan pula oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Melalui akun Instagram @nahdlatululama, disebutkan bahwa pada kesempatan itu UAS diajak untuk mengokohkan dakwah melalui NU.

"Pesan Habib Luthfi bin Yahya (Rois Aam Jamiyyah Ahliththoriqoh Al Muktabaroh An Nahdliyah/ JATMAN NU) Mengajak Ustadz Abdul Shomad (UAS) untuk bersama-sama mengokohkan dakwah melalui NU sebagai jamiyyah yang menjaga dan mengamalkan ajaran Islam ahlussunnah wal jamaah di Indonesia dan dunia," klaim @nahdlatululama dalam unggahan itu.

PBNU selama ini memang kerap meminggirkan Abdul Somad menyusul tuduhan sebagian nahdliyin bahwa Somad terafiliasi dengan Hisbut Tahrir Indonesia (HTI). Padahal jejak digital juga menunjukkan bahwa Abdul Somad pada 2009-2014 adalah sekretaris Lembaga Bahtsul Masa’il Nahdlatul Ulama Provinsi Riau. Somad sendiri dalam ceramahnya menyatakan sejalan dengan sejumlah tokoh NU garis lurus.

Abdul Somad dalam kunjungannya ke kediaman Habib Luthfi bin Yahya sempat dibaiat dan diberi gelar syekh menggantikan sebutannya terdahulu, ustaz. Abdul Somad selanjutnya dikenal sebagai Syekh Abdul Somad.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

Sumber : Bisnis