Indonesia Bidik 40 Medali Emas di ASG 2019

Sesmenpora, Gatot S. Dewo Broto. (Instagram kemenpora)
16 Februari 2019 16:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menargetkan raihan 40 medali emas pada kontingen Indonesia yang akan berlaga di ajang ASEAN Schools Games (ASG) XI 2019. Event yang mempertemukan atlet pelajar dari 10 negara anggota ASEAN itu akan digelar di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), 17-25 Juli nanti.

Sekretaris Kemenpora (Sesmenpora), Gatot S. Dewo Broto, mengatakan sebagai tuan rumah, Indonesia memang ditargetkan menjadi juara umum. Untuk memuluskan ambisi itu, kontingen Indonesia pun harus mampu meraih 40 medali emas.

“Kita jadi juara itu sekali, itu pun bukan sebagai tuan rumah, yakni di Brunei 2015 lalu.Makanya, tahun ini kita targetkan juara. Kalau enggak, bukan salah Jateng, tapi kami dan atlet dalam pembinaan,” ujar Gatot saat dijumpai wartawan seusai menggelar pertemuan dengan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, di kompleks Kantor Gubernur Jateng, Kota Semarang, Jumat (15/2/2019).

Kendati demikian, untuk menjadi juara umum pada ASG bukanlah hal yang mudah. Selama 10 kali penyelenggaraan ASG, Indonesia baru sekali meraih predikat juara umum.

Gelar itu pun diraih kontingen Indonesia saat tampil di Brunei Darussalam, 2015 lalu. Sedangkan, saat menjadi tuan rumah di Surabaya, 2012 lalu, Indonesia hanya mampu meraih posisi runner up.

Sedangkan pada ASG edisi sebelumnya, saat tampil di Kuala Lumpur, Malaysia, 2018 lalu, Indonesia juha hanya meraih posisi runner up dengan torehan 31 emas, 36 perak, dan 31 perunggu. Sedangkan pemuncak klasemen diraih tuan rumah Malaysia dengan 37 emas, 34 perak, dan 31 perunggu.

“Makanya kita harus bisa lebih dari itu. Harus bisa lebih dari 37 emas, ya sekitar 40 emas,” imbuh Gatot.

Pelaksanaan ASG 2019 nanti akan dipusatkan di Semarang. Ada sekitar 10 venue yang akan digunakan untuk menggelar 9 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan.

Ke-10 venue itu, yakni Stadion Tri Lomba Juang untuk cabor atletik, GOR Sahabat (basket), Graha Padma Sport Club (tenis meja), GOR Universitas Semarang (bulu tangkis), lapangan tenis Unnes dan Jatidiri (tenis lapangan), Stadion Jatidiri (renang), GOR UIN Walisongo (bola voli), GOR Unika (sepak takraw), serta Hotel Patra (pencak silat).

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya