Polda Jateng Tampung Tahanan Teroris Kelompok JAD

Ilustrasi suasana dalam penjara. (Bisnis/Nurul Hidayat)
22 Februari 2019 12:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah (Jateng) menampung terduga teroris kelompok Jamaah Anshor Daulah (JAD) berinisial TWA alias Andalus, alias Abu Hilwa, 32. Tersangka terduga teroris itu dititipkan ditahanan Mapolda Jateng dari Polres Temanggung sejak Kamis (21/2/2019).

“Iya, tadi siang Densus 88 Antiteror Polri menyerahkan TW ke Polda Jateng. Dia diserahkan dengan status tahanan titipan,” ujar Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol. Agus Triatmaja, kepada Semarangpos.com, Kamis.

Agus menyatakan pihaknya belum mengetahui sampai kapan terduga teroris itu akan dititipkan di Polda Jateng. Ia hanya mengatakan bahwa kasus TWA saat ini telah dilimpahkan ke Densus 88 Antiteror setelah sebelumnya ditangani Polres Temanggung.

“Kita sifatnya hanya menerima titipan tahanan,” imbuh Agus.

TWA yang diduga merupakan anggota jaringan JAD ditangkap aparat Polres Temanggung, Kamis (14/2/2019) sekitar pukul 10.30 WIB. Penangkapan dilakukan saat TWA terjaring razia kendaraan yang digelar aparat Polres Temanggung.

Saat itu, aparat Polres Temanggung menghentikan mobil yang dikendarai TWA. Namun, TWA langsung menunjukkan gelagat yang mencurigakan dengan langsung kabur ke areal persawahan.

Polisi yang curiga pun lantas mengejar terduga teroris itu dan berhasil melakukan penangkapan. Setelah mobil terduga teroris digeledah, aparat kepolisian menemukan sejumlah dokumen penting, seperti buku terkait paham radikalisme.

“Saat ini kasus TWA ditangani Densus 88 Antiteror. Sebelumnya, kasusnya ditangani Polres Temanggung, tapi sudah dilimpahkan,” ujar Kabid Humas Polda Jateng.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya