Undip Semarang Tarik Kembali 2.512 Mahasiswa KKN

Rektor Undip, Prof. Dr. Yos Johan Utama, menyematkan topi kepada mahasiswa peserta KKN di Kampus Undip, Tembalang, Kamis (21/2 - 2019). (Semarangpos.com/Humas Undip)
22 Februari 2019 06:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Sebanyak 2.512 mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) Semarang telah menyelesaikan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim I Tahun 2019. Berakhirnya masa KKN mahasiswa Undip itu ditandai dengan upacara penerimaan kembali pra mahasiswa itu di Lapangan Widya Puraya, Kampus Undip, Tembalang, Kamis (21/2/2019).

Kepala Pelayanan dan Pengembangan KKN (P2KKN) Undip, Edy Prasetyo, mengatakan KKN digelar selama 42 hari, mulai 7 Januari-20 Februari 2019. Ada sekitar  33 kecamatan pada 10 kabupaten di Jateng yang disambangi para mahasiswa sebagai lokasi pengabdian kepada masyarakat.

“Berdasarkan hasil pengamatan dosen, pelaksanaan KKN dan laporan rencana kegiatan mahasiswa, secara umum berjalan baik. Ragam kegiatan pemberdayaan masyarakat juga berjalan secara hilirisasi dengan penerapan Iptek atau hasil proses belajar mengajar,” ujar Edy dalam keterangan resmi.

Edy menambahkan KKN merupakan bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk berinteraksi dengan masyarakat di luar kampus. Selain itu, KKN memberikan pengalaman mahasiswa untuk bisa mengidentifikasikan permasalahan serta membantu menangani permasalahan yang dihadapi masyarakat.

“Dari seluruh mahasiswa peserta KKN, semuanya telah menyelesaikan kegiatan berdasarkan rencana program kerja,” imbuh Edy.

Sementara itu, Rektor Undip, Prof. Dr. Yos Johan Utama, memberikan apresiasi kepada seluruh mahasiswa peserta KKN. Rektor sangat bersyukur karena pada periode KKN ini seluruh mahasiswa atau tim KKN Undip berkesempatan mengikuti upacara penarikan dengan kesehatan yang menyertai.

“Kegiatan KKN ini dirasa mampu memberikan pelajaran langsung kepada mahasiswa, mengajarkan jiwa leadership , memberikan inspirasi kepada masyarakat, mampu berintegeritas serta berguna bagi masyarakat. Kegiatan KKN ini juga bertujuan membentuk jiwa integritas mahasiswa dan mahasiswa juga diharapkan mampu bijak dalam berperilaku serta menjadi pribadi yang lebih baik lagi,” kata Rektor Undip dalam sambutannya.

Rektor berharap kepada mahasiswa yang telah menyelesaikan KKN agar bisa segera menyelesaikan studinya dan segera mengimplemantasikan potensi-potensi keilmuan kepada masyarakat. 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya