Kumpulkan Pelaku Industri Startup, Wali Kota Semarang Janjikan Unicorn

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, berbincang dengan salah satu penggiat industri startup di Gedung Spiegel, Kota Semarang, Jumat (22/2 - 2019). (Semarangpos.com/Humas Pemkot Semarang)
23 Februari 2019 10:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, menggelar pertemuan dengan komunitas pelaku industri startup yang tergabung dalam Semarang Startup. Pertemuan yang digelar di Impala Co-Working Space, Gedung Spiegel, Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat (22/2/2017) itu berlangsung dalam suasana santai dan penuh keakraban.

Ada sekitar 500 anggota Semarang Startup yang hadir dalam acara itu. Mereka merupakan pelaku industri startup yang bisnisnya mulai mengalami prospek yang menjanjikan, seperti tumbas.in, lindungihutan.com, dan temanberkebun.com.

Hendi, sapaan Wali Kota Semarang, berharap pelaku industri startup di Kota Semarang bisa bekerja sama dengan Pemkot Semarang. Ia pun berjanji siap memberikan dukungan agar industri startup di Kota Semarang menjelma menjadi unicorn atau startup dengan omzet mencapai 1 juta US$.

"Hari ini yang dikatakan online - online di TV itu peluangnya sangat besar, kita harus saling mendukung agar bisa tumbuh bersama, Ide teman - teman terbukti dapat menjadi bisnis yang luar biasa, dan harus di-support Termasuk Pemerintah Kota Semarang, yang kemudian hari ini saya ajak bapak ibu kepala dinas untuk bisa terhubung langsung dengan teman - teman," ujar Hendi dalam sambutannya.

Kegiatan yang mengambil tema Kota, Kita, dan Karya itu memang turut dihadiri sejumlah kepala dinas Pemkot Semarang, seperti Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Nana Storada, Kepala Dinas Perindustrian, Nurjanah, Kepala Dinas Pariwisata, Indriyani, dan Kepala Dinas Koperasi UMKM, Litani.

Dari pertemuan tersebut disepakati adanya keseriusan Pemkot Semarang dalam memfasilitasi industri startup, salahsatunya, Tumbas.in. Tumbas.in, merupakan aplikasi online yang mempertemukan pedagang pasar dengan pembeli, tanpa harus pergi ke pasar.

Hendi mengaku siap menjembatani para founder Tumbas.In untuk dapat menjangkau seluruh pedagang pasar di Kota Semarang melalui Dinas Perdagangan.

"Nanti setelah ini kita ketemu bareng seluruh kepala UPTD Pasar di Semarang. Setelah itu, apa yang diperlukan akan kita usahakan,” ujar Hendi.

Sementara itu, salah satu penggiat industri startup, Gatot Hendraputra menyatakan senang atas perhatian Hendi kepada teman-temannya yang tergabung dalam Semarang Startup. "Yang pasti senang karena ada dukungan langsung yang diberikan sehingga semakin tumbuh optimisme saya dan rekan-rekan,” ujar Gatot.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya