Curah Hujan Jateng Menurun Sepekan ke Depan

Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG Banjarnegara), Setyoajie Prayoedhie. (Antara/Wuryanti)
23 Februari 2019 02:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, BANJARNEGARA — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan curah hujan di wilayah Jawa Tengah dalam sepekan ke depan masuk kriteria rendah hingga menengah. Kondisi itu menurun dibanding sebelumnya.

"Pada bulan Februari dasarian ketiga, curah hujan di Jawa Tengah umumnya dalam kriteria rendah, yaitu 0 mm-50 mm hingga menengah 51 mm-150 mm per dasarian," ungkap Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG Banjarnegara) Setyoajie Prayoedhi di Banjarnegara, Jawa Tengah, Kamis (21/2/2019).

BMKG merilis prakiraan probabilistik curah hujan pada Februari dasarian ketiga dan prakiraan deterministik curah hujan dasarian ketiga. Pada dasarian kedua Februari 2019 diketahui hari tanpa hujan di Jawa Tengah pada umumnya dalam kategori sangat pendek, yakni 1 hari-5 hari tanpa hujan.

Di sekitar pantai utara bagian timur pada umumnya dalam kategori pendek 6 hari-10 hari tanpa hujan dan kategori menengah 11 hari-20 hari tanpa hujan di Dukuhseti, Kabupaten Pati.  Berdasarkan analisis curah hujan Februari 2019 dasarian kedua itu diketahui bahwa sebagian besar wilayah Jawa Tengah termasuk kategori menengah 51 mm-150 mm hingga tinggi 151 mm-300 mm.

Di sebagian wilayah Grobogan, Blora, Klaten, Wonogiri, Purworejo, Kebumen, Banyumas, Cilacap, dan wilayah pantai utara (pantura) Pulau Jawa masuk kriteria rendah, yakni 50 mm ke bawah. Apabila melihat analisa tersebut, kata dia, kemungkinan terjadi penurunan curah hujan hingga sekitar satu pekan ke depan.

Kendati demikin, tambah dia, masih ada kemungkinan terjadinya cuaca ekstrem sehingga masyarakat harus terus meningkatkan kewaspadaannya.  "Tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem meskipun curah hujan diprakirakan menurun karena perubahan kondisi cuaca sangat dinamis," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara