PTPN IX Sepakat Pasok Kopi ke Seluruh Lembaga Pemasyarakatan di Indonesia

Penandatanganan kerja sama pasok kopi ke LP di seluruh Indonesia oleh Co-founder and Strategic Program Development Jeera Foundation Tonny Partono dan Direktur Komersil PTPN IX Rudi Harjito di Kota Semarang, Jumat (22/2 - 2019). (Bisnis/Alif Nazzala Rizqi)
23 Februari 2019 08:50 WIB Alif Nazzala Rizqi Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — PT Perkebunan Nusantara IX yang memiliki wilayah kerja di Provinsi Jawa Tengah bersepakat memasok sedikitnya 1 juta sachet kopi ke lembaga-lembaga pemasyarakatan di seluruh Indonesia setiap bulan.

Komitmen itu diambil menyusul disepakatinya kerja sama distribusi oleh PTPN IX dengan Jeera Foundation.  Jeera Foundation adalah lembaga yang ditunjuk Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia untuk mengembangkan keterampllan dan meningkatkan daya saing warga binaan warga binaan lembaga pemasyarakatan di seluruh indonesia .

PTPN IX akan bergerak sebagai supplier kebutuhan kopi Jeera Foundation di lembaga-Iembaga pemasyarakatan seluruh indonesia dengan kontrak awal minimal 1 juta sachet/bulan. Direktur operasional Tanaman Tahunan PTPN IX Mahmudi mengatakan kerja sama itu dirasa sangat positif karena bisa memasok langsung kopi untuk dikembangkan oleh warga binaan di setiap lembaga pemasyarakatan yang ada di Indonesia.

"Kami melakukan kerja sama dengan Jeera Foindation menyediakan 1 juta sachet kopi/bulan. Mudah-mudahan nanti bulan April program ini dapat terlaksana," kata Mahmudi di Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat (22/2/2019).

Co-founder and Strategic Program Development Jeera Foundation, Tony Partono, menerangkan setelah adanya kopi dari PTPN IX, nantinya warga binaan akan dilatih menjadi barista andal. Dengan demikian, kerja sama ini dirasa sangat positif dalam mengembangkan potensi warga binaan. "Nanti kopi dari PTPN IX akan dibuat latihan warga binaan jadi barista. Kami berharap agar kemampuan barista yang nanti dimiliki oleh warga binaan dapat bermanfaat setelah mereka keluar nanti," ujarnya.

Saat ini, terang dia, Jeera Foundation baru mengembangkan program pelatihan barista bagi warga binaan Rutan Cipinang dan Kota Tua Jakarta. Untuk selanjutnya, pihaknya juga akan melaksanakan program serupa di beberapa kota besar, yakni Semarang, Solo, Surabaya, Palembang, Medan, dan Pulau Bali. "Pelatihan semacam ini akan kami lakukan di seluruh Indonesia. Untuk tahun ini kami akan membangun di beberapa kota utama saja," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Bisnis