Grup Astra Resmikan Bank Wakaf Mikro di Ponpes Sunan Gunung Jati Ba'alawy Semarang

Peresmian Bank Wakaf Mikro di Pondok Pesantren Sunan Gunung Jati Ba'alawy Semarang. (Antara/Wisnu Adhi)
24 Februari 2019 04:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Bank Wakaf Mikro (BWM) Sunan Gunung Jati Ba'alawy, Kota Semarang, Jawa Tengah diresmikan, Sabtu (23/2/2019). BWM yang berkedudukan di di Pondok Pesantren Sunan Gunung Jati Ba'alawy itu merupakan BWM kedua yang dibentuk Grup Astra dalam mendukung program pemerintah meningkatkan inklusi keuangan dan kesejahteraan masyarakat.

"Grup Astra telah mendukung pendirian bank wakaf mikro kedua dari 10 BWM yang rencana pendiriannya didukung penuh oleh Astra International dan anak perusahaannya yang tergabung dalam Astra Financial," ungkap direktur Astra sekaligus Director In Charge Astra Financial Suparno Djasmin seusai peresmian BWM Sunan Gunung Jati Ba'alawy di Kota Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (23/2/2019).

Ia menjelaskan bahwa BWM merupakan lembaga keuangan mikro syariah yang didirikan atas izin OJK dan bertujuan menyediakan akses pembiayaan bagi masyarakat kecil yang belum memiliki akses pada lembaga keuangan formal. Hingga Desember 2018, tercatat sudah ada 41 BWM yang telah mempunyai izin.

Ia menyebutkan khusus untuk BWM di Pondok Pesantren Sunan Gunung Jati Ba'alawy akan mendapat dukungan donatur daru PT Astra Internasional Tbk bersam Federal Internasional Finance (FIF). Melalui Program BWM ini, Astra Financial berharap dapat terus berkolaborasi dengan OJK dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan masyarakat, mulai dari pengenalan terhadap lembaga jasa keuangan, karakteristik manfaat, biaya, serta risiko keuangan dengan harapan dapat membawa perubahan positif kepada perilaku keuangan masyarakat.

"Di Ponpes Sunan Gunung Jati Ba'alawy ini Astra mendukung program pertanian dan peternakan sehingga dengan adanya BWM ini bisa melengkapi program-program yang sudah ada dalam dukungan permodalan sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar ponpes," ujarnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara