Kendal Kini Punya 5 Hotspot Wifi Gratis

Sekretaris Daerah Pemkab Kendal Moh. Toha mewakili Bupati Kendal meluncurkan lima hotspot wifi gratis, Jumat (22/2 - 2019). (Antara/Humas Pemkab Kendal)
24 Februari 2019 12:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, KENDAL — Pemkab Kendal Jumat (22/2/2019), meluncurkan hotspot Wifi gratis. Hotspot Wifi gratis itu terpasang di lima titik, yakni Taman Garuda, Taman Gajah Mada, Taman Hutan Klorofil, Alun-Alun Kota Kendal, serta Radio Swara Kendal.

Lima hotspot yang diluncurkan Sekretaris Daerah Pemkab Kendal Moh. Toha mewakili Bupati Kendal Mirna Annisa itu adalah tahap awal. Rencananya, bakal ada 20 hotspot lagi yang ditempatkan di beberapa lokasi lain untuk memperluas jaringan Internet yang bisa diakses secara gratis.

"Hotspot yang kita bangun bertujuan untuk memperluas jaringan yang bisa diakses secara gratis. Masyarakat mampu mengakses berbagai pengetahuan yang tidak terbatas terutama berbagai hasil pembangunan yang telah dilakukan Pemkab Kendal sampai tiga tahun ini, sehingga masyarakat Kendal mampu mendukung pembangunan di berbagai sektor dalam mewujudkan Kendal Permata Pantura," papar Sekda Moh. Toha saat meluncurkan kelima hotspot Wifi gratis itu di Kendal, Jawa Tengah, Jumat.

Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kendal Heri Wasito menambahkan pemasangan fasilitas akses Internet gratis itu merupakan komitmen Pemkab Kendal dalam memberikan layanan publik. "Nantinya secara merata kita pasang hotspot di tempat-tempat strategis kayak tempat-tempat berkumpulnya masyarakat, semacam alun-alun dan taman, sehingga masyarakat bisa semakin banyak memanfaatkan digital dan Internet technology," katanya.

Menurutnya, dengan hotspot Internet gratis itu, masyarakat yang berpenghasilan terbatas tidak akan ketinggalan informasi yang dibutuhkan. Masyarakat bisa mengakses data dan sebagainya, khususnya yang berkapasitas besar.

Jaringan Internet yang dipasang di lima titik itu, menurut dia memiliki kecepatan 20 mbps hingga 25 mbps (mega byte per second)  dengan jarak akses 5 m sampai 8 m. Lebih dari itu, kata dia, dalam jarak tertentu kecepatan unduh mencapai 5 mbps.

Sedangkan untuk melindungi masyarakat dari pengaruh konten-konten berbahaya termasuk pornografi, jaringan internet telah dilengkapi dengan filter yang efektif membatasi hal-hal negatif yang mampu merusak moral masyarakat. "Sebagai bagian dari pembangunan dan pengembangan program smart city, nanti secara bertahap akan dipenuhi sarana prasarana penggabungan software dan sebagainya," tambahnya.

Diharapkan, nantinya fasilitas yang dibangun bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mengunduh data-data maupun informasi-informasi yang membangun untuk mewujudkan literasi masyarakat di bidang teknologi informasi.

Hadir dalan kegiatan peluncuran lima hotspot dihadiri beberapa pimpinan OPD terkait di antaranya Kepala Bakeuda Agus Dwi Lestari, Kepala Dinas Pemuda, Olah Raga, dan Pariwisata Agung Setiawan, serta Asisten Perekonomian dan Pembangunan Tavip Purnomo. Puluhan anak muda dari sejumlah SMA dan SMK turut meramaikan kegiatan yang diisi dengan pertunjukan musik akustik serta disiarkan oleh LPPL Radio Swara Kendal.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara