Gubernur Janjikan Sumbangan Rp5 M untuk Setiap Desa Percontohan di Jateng

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Bisnis/Istimewa)
28 Februari 2019 17:50 WIB Alif Nazzala Rizqi Semarang Share :

Semarangpos.com, DEMAK — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjanjikan sumbangan dana Rp5 miliar kepada setiap desa yang mampu menjadi percontohan bagi desa lain di Jateng, baik itu dari pemanfaatan teknologi informasi, potensi masyarakat, keamanan, pembangunan, kesehatan, pengelolaan sampah, wisata, maupun budayanya.

"Silakan bikin desa percontohan. Satu desa saya sumbang Rp5 miliar. Misinya, kita akan membuat project desa percontohan. Kalau berhasil, kita kloning, jadi percontohan desa-desa lain di Jawa Tengah," kata Ganjar melalui keterangan resminya yang diterima Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI) di Kota Semarang, Jawa Te ngah, Kamis (28/2/2019).

Ganjar menjelaskan untuk memanfaatkan teknologi maupun mendesain lanskap pembangunan, membuat monografi, profil desa, pemerintah desa bisa bekerja sama dengan perguruan tinggi.  Ganjar pun akan mencarikan perguruan tinggi yang bisa diajak bekerja sama, misalnya kerja sama dengan program mahasiswa KKN untuk mengangkat seluruh potensi masyarakat agar desa bisa lebih menarik.

"Pada 2019 ini, kami akan fokus menggenjot SDM. Sementara, RTLH di Jateng masih ada 1,6 jutaan. Kalau gubernur disuruh memperbaiki rumah paling satu dua saja. Makanya, melalui CSR perusahaan dan Baznas, kita bisa selesaikan itu," ujar Ganjar.

Terkait keamanan, Ganjar meminta agar ronda dihidupkan lagi. Pada musim penghujan seperti saat ini, warga diminta hati-hati dan waspada DBD. Dia menyrankan agar disiapkan satu jumantik untuk setiap rumah, serta mengurangi sampah, terutama sampah plastik.

Pembangunan gedung di desa juga diharapkan Ganjar ramah terhadap penyandang disabilitas. Bahkan, sekolah pun harus menjadi sekolah inklusi dan membangun bersama secara guyub dan rukun antarmasyarakat.

Ganjar menambahkan untuk mengatasi abrasi di pesisir Demak, tahun 2019, pembangunan tol laut sebagai jawaban atas masalah transportasi dan abrasi, akan dilakukan pemasangan tiang pancang.  "Jadilah kepala desa dan perangkat desa yang ikhlas, dicintai rakyatnya, maju, gajinya tambah hutangnya terbayar," tambah Ganjar.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Bisnis