Koperasi Bhakti Praja Jateng Catatkan Aset Rp97,4 M

Sekretaris Daerah Provinsi Jateng Sri Puryono. (Bisnis)
01 Maret 2019 08:50 WIB Alif Nazzala Rizqi Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Koperasi KPRI Bhakti Praja Provinsi Jateng mencatatkan aset Rp97,4 miliar atau naik 8,75% dari tahun 2017 lalu yang hanya Rp89,6 miliar. “Selain itu, SHU sebelum pajak tahun 2018 juga meningkat 7,79% atau senilai Rp4,66 miliar dari tahun 2017 senilai Rp4,32 miliar,” papar Sri Puryono yang juga sekretaris daerah Pemprov Jateng, Kamis (28/2/2019).

Realisasi pendapatannya juga naik dari Rp14,8 miliar di tahun 2017 menjadi Rp15,4 miliar atau naik 3,83% pada 2018. Artinya, simpul Sri Puryono, Koperasi KPRI Bhakti Praja dinilai sangat sehat dan semakin sehat dari tahun ke tahun. Bahkan, tegasnya, koperasi primer Bhakti Praja satu-satunya anggota PKPRI yang mampu menginvestasikan dananya keluar.

“Usaha yang dilakukan juga terhitung banyak, di antaranya simpan pinjam, penjualan kebutuhan pokok sehari-hari, bengkel, rental kendaraan, kredit mobil, fotokopi, kos-kosan, serta penyertaan modal di BPR/BKK,” paparnya.

Sekda Pemprov Jateng yang sekaligus sebagai pembina Koperasi KPRI Bhakti Praja itu berharap koperasi itu selalu mengikuti perkembangan regulasi perkoperasian yang pesat dan dinamis. Tidak kalah penting adalah menaati peraturan yang berlaku, termasuk kewajiban perpajakan, sebagai kontribusi koperasi terhadap pemerintah dalam pembangunan wilayah.

Koperasi yang beranggotakan lebih dari 5.000 orang itu, juga diminta melakukan pengembangan unit usaha yang menguntungkan. Terus berinovasi untuk melaksanakan program-program yang ‘nendhang’, agar Koperasi KPRI Bhakti Praja semakin dicintai dan menyejahterakan anggota.

Sekda menambahkan pihaknya mendukung berbagai upaya koperasi guna kesejahteraan anggota. Seperti pemberian beasiswa kepada putra-putri anggota yang berprestasi, pemberian tunjangan lebaran dan voucher belanja menjelang Idul Fitri, serta pemberian hadiah tabungan, dan doorprize pada setiap penyelenggaraan RAT.

"Inilah esensi keberadaan koperasi, dari anggota, oleh anggota, dan untuk anggota. Mari kita majukan bersama Koperasi KPRI Bhakti Praja ini, kita bangun bersama, dan kalau untung, untungnya insya Allah bisa kita nikmati bersama," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Bisnis