Asyik, Stasiun Batang Kembali Layani Penumpang per Hari Ini

Ilustrasi kereta api. (dok. Solopos)
16 Maret 2019 06:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daops) IV Semarang kembali mengaktifkan Stasiun Batang, Jawa Tengah (Jateng), Jumat (15/3/2019). Meski demikian, Stasiun Batang baru bisa melayani naik dan turun penumpang dari dua kereta saja, yakni KA Menoreh dan KA Kaligung.

Manajer Humas PT KAI Daops IV, Krisbiyantoro, menyebutkan Stasiun Batang sempat tidak beroperasi sejak pertengahan 2015 lalu. Saat itu, Stasiun Batang hanya berfungsi sebagai stasiun operasional karena penumpang masih bisa mengakses moda transportasi kereta dari Stasiun Pekalongan yang hanya berjarak sekitar 10 km.

“Sejak double track dibuat dan dioperasikan, Stasiun Batang hanya sebagai stasiun operasional. Saat itu, penumpang bisa dilayani di Stasiun Pekalongan. Namun, karena ada permintaan dari Pemkab Batang yang sangat memerlukan transportasi kereta di wilayahnya, akhirnya Stasiun Batang difungsikan lagi,” ujar Krisbiyantoro, Kamis (14/3/2019) malam.

Kendati sudah fungsional kembali, Stasiun Batang hanya bisa melayani penumpang KA Menoreh dan KA Kaligung. Total hanya ada 6 KA Kaligung dan KA Menoreh yang berhenti setiap harinya di stasiun yang masih berstatus berhenti luar biasa (BLB) itu.

Keenam kereta itu, yakni KA Kaligung relasi Brebes/Tegal-Semarang Poncol pagi dan sore, KA Kaligung relasi Semarang Poncol-Tegal/Brebes pagi dan sore, serta KA Menoreh relasi Batang-Pasar Senin pulang-pergi.

“Untuk sementara Stasiun Batang menggunakan istilah status BLB karena enam kereta yang berhenti di situ tidak masuk dalam Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2017. Namun, kami berencana memasukan Stasiun Batang dalam Gapeka 2019,” imbuh Krisbiyantoro.

Selain sudah bisa melayani penumpang, sederet fasilitas yang sesuai standardisasi yang ditetapkan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah tersedia di Stasiun Batang. Fasilitas itu antara lain, loket pembelian tiket kereta api yang sudah online, musala, toilet, ruang tunggu penumpang, lahan parkir, dan fasilitas untuk kalangan difable.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya