Dibiayai Rp18 M APBD Jateng, Apel Kebangsaan Bikin Heboh

Ganjar Pranowo berswafoto warga penonton Apel Kebangsaan di seputaran Simpang Lima, Semarang, Minggu (17/3 - 2019). (Semarangpos.com/Imam Yuda S.)
18 Maret 2019 04:50 WIB Aziz Rahardyan Semarang Share :

Semarangpos.com, JAKARTA — Apel Kebangsaan betema "Kita Merah Putih" besutan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah yang digelar di seputaran Simpanglima, Kota Semarang, Jawa Tengah, Minggu (17/3/2019), mengundang sorotan publik. Maklum saja, acara yang menghadirkan sejumlah pejabat, tokoh masyarakat, pemuka agama, dan panggung hiburan ini tercatat menghabiskan biaya lebih dari Rp18 miliar dana APBD Jateng.

Menurut penelusuran Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI), politikus Partai Demokrat Andi Arief merupakan yang kali pertama melontarkan wacana ini ke publik lewat akun Twitter resminya, Kamis (14/3/2019). Dalam cuitan tersebut, Andi membagikan laman resmi pengadaan barang dan jasa Pemprov Jateng (lpse.jatengprov.go.id) terkait acara tersebut yang di dalamnya menjelaskan secara terperinci proses pelelangan hingga muncul pemenang tender bernama Potensindo Global yang mengajukan harga penawaran Rp16,4 miliar.

Beberapa warga pengguna Internet (warganet) memang terlihat masih mencerca Andi akibat dugaan kasus narkoba yang sempat menjeratnya dan rekam jejaknya melontarkan isu yang identik dengan hoaks di media sosial. Tetapi, kali ini rupanya mayoritas warganet justru mendukung wacana Andi. Buktinya, dua tanda pagar (tagar) #SlankMakanDuitRakyat dan #SaveAPBDJateng sempat bertengger menjadi topik terpopuler Twitter, Sabtu (16/3/2019). Tagar #SlankMakanDuitRakyat bahkan menjadi yang terpopuler dengan lebih dari 54.300 kali dicuitkan warganet.

Andi lalu kembali menyindir Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan salah satu pembicara dalam acara tersebut, yaitu pakar hukum tata negara Mahfud MD, lewat cuitan beserta tautan berita tanggapan Ganjar atas polemik pendanaan acara ini, Sabtu (16/3/2019) pukul 14.49 WIB. "Gubernur Jateng ketua alumni UGM anti kritik dan sudah gelap mata. Kita tinggal menunggu sikap orang paling bersih se-dunia Prof @mohmahfudmd yang biasanya main aman," tulisnya.

Seperti diketahui, selain Mahfud dan Ganjar, dua pejabat negara yang dijadwalkan hadir adalah Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. Sedangkan di barisan para pemuka agama, hadir K.H. Maimoen Zubair, Habib Luthfi, Gus Muwafiq, K.H. Munif Zuhri, K.H. Ahmad Darodji, Uskup Rubiatmoko (Keuskupan Agung Semarang), Pendeta Eka Laksa (PGI), Nyoman Surahart (PHDI), Go Boen Tjien (Matakin) dan Pujianto (Walubi). Terakhir, beberapa artis yang turut memeriahkan panggung hiburan, di antaranya Slank, Letto, Armada, Nella Kharisma, dan Virzha. Beserta barisan para komedian yang membawakan acara, yaitu Vincent, Desta, dan Cak Lontong.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Bisnis