Lokasi-Lokasi di Kabupaten Magelang Ini Longsor

Salah satu lokasi tanah longsor di Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. (Antara/BPBD Kabupaten Magelang)
19 Maret 2019 01:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, MUNGKID — Hujan yang mendera hampir sepanjang hari di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Minggu (17/3/2019), menyebabkan sejumlah lokasi dilanda tanah longsor. Tanah longsor antara lain menimpa wilayah Kecamatan Salaman, Kajoran, dan Borobudur.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bancana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang Edy Susanto menyebutkan tidak ada korban jiwa dalam kejadian longsor tersebut. Ia menyebutkan longsor di Dusun Kalisat, Desa Paripurno, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang, Jateng menimpa tempat usaha pembuatan bata.

Longsor juga mengancam rumah milik Miftahudin, 40, sehingga keluarganya mengungsi di rumah Rokhim. Longsor juga terjadi di Dusun Sumbersari, Desa Ngargoretno, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang, Jateng berdampak mengancam rumah milik Masikun, 35.

Sedangkan di Dusun Dadapan, Desa Ngadirejo, Kabupaten Magelang, Jateng, longsor mengancam Masjid Darul Falah dan menutup akses jalan dusun Longsor di Dusun Brodan, Desa Kalirejo, Kecamatan Salaman menutup sebagian akses jalan Dusun Brodan-Gumuk dan mengancam rumah milik Daiman, 60.

Sementara itu, longsor di Dusun Kobar, Desa Kalirejo, Kecamatan Salaman berdampak menutup akses jalan Kobar-Salaman dan mengancam tiga rumah yang berada di atas tebing longsor, yakni milik Qodim, 50, Jumini, 70, Teguh, 32, dan satu rumah milik Slamet, 45, yang berada di seberang jalan di bawah tebing longsor.

Kemudian longsor di Dusun Gorangan Lor, Desa Kalisalak, Kecamatan Salaman, berdampak keretakan bangunan rumah milik Rina Sari, 42. Rumah kosong yang ditinggal ke Jakarta ini bagian tengah ambles dan rumah bergeser kisaran 10 cm-15 cm. Rumah Eri Sunaryo, 35, juga mengalami retak, untuk sementara penghuni mengungsi di rumah Sudarman.

Edy menuturkan longsor juga terjadi di Dusun Botoran, Desa Krinjing, Kecamatan Kajoran berdampak terjadi retakan tanah dan longsor di Dusun Tanjung, Desa Ngadiharjo, Kecamatan Borobudur mengenai dapur rumah milik Ambal, 55. Ia menuturkan longsor terjadi pada Minggu siang, setelah sejak pagi diguyur hujan. Pihaknya berharap warga yang tinggal di daerah rawan longsor untuk selalu waspada jika terjadi hujan.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara