Perkenalkan, Keripik Lumpia Khas Semarang…

Pemilik Lumpia Cik Meme, Meilani Sugiarto,menunjukkan varian baru dagangannya berupa keripik lumpia. (Antara/Wisnu Adhi)
24 Maret 2019 14:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Lumpia Cik Meme sebagai salah satu ikon kuliner di Kota Semarang memperkenalkan varian baru dagangannya berupa keripik lumpia. Komoditas anyar itu dirasa tepat menjadi buah tangan dari ibu kota Jawa Tengah.

"Ide keripik lumpia ini bermula dari kerisauan saya yang ingin terus melestarikan penganan khas leluhur dengan inovasi lain karena sebelumnya lumpia basah hanya bertahan delapan jam, sedangkan lumpia goreng yang hanya bertahan 24 jam," papar Meilani Sugiarto yang akrab disapa Cik Meme saat peluncuran perdana menu keripik lumpia di Kota Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (23/3/2019)

Sebelum tercipta keripik lumpia, Cik Meme mengaku telah melakukan riset selama satu tahun dengan meracik ciri khas makanan gulungan telur yang diisi rebung dan daging tersebut. Keripik lumpia merupakan inovasi pertama yang mampu menyajikan anggapan lumpia sebagai makanan menjadi cemilan yang mampu bertahan lama dengan tetap mempertahankan cita rasa tradisional lumpia.

Setelah melalui serangkaian uji coba, Cik Meme akhirnya mendapatkan resep keripik lumpia yang memiliki rasa khas originalnya, yakni isian rebung. "Jadi lumpia yang awalnya menjadi makanan tradisional mengenyangkan saya kreasikan menjadi makanan ringan. Ini menjadi revoluasi lumpia sebagai makanan khas Semarang," ujarnya di gerai Lumpia Cik Meme, Jl. Gajahmada No.107 Kota Semarang, Jateng.

Meskipun kini wujudnya pengananan ringan, lanjut dia, masyarakat yang menjajal keripik lumpia ini akan merasakan lezatnya lumpia seperti saat menyantap lumpia gulung. Keripik lumpia kreasi Cik Meme itu juga murni racikan original, tanpa bahan pengawet, dan tanpa perasa buatan.

Bumbu yang dipakai juga tidak ditambah bahan apapun, sedangkan bahan kulit lumpia dijadikan satu lalu diolah dengan isian rebung yang telah ditumbuk halus, sebelum akhirnya diolah menjadi keripik. "Saya menyebut ini varian baru dari revolusi tradisional lumpia, yakni jajanan ringan yang bisa dinikmati sore hari menjamu tamu, nonton bioskop maupun saat perjalanan jauh," katanya sebagaimana dikutip Kantor Berita Antara, Minggu (24/3/2019).

Sebelumnya, Lumpia Cik Meme telah mengkreasikan enam cita rasa lumpia, mulai menu Lumpia Raja Nusantara dengan rasa jamur dan kacang mete, Lumpia Kajamu atau Kambing Jantan Muda, Lumpia Fish dengan campuran ikan kakap, Lumpia Crab dengan isian daging kepiting, Lumpia Original dengan campuran rebung, udang, ayam, serta Lumpia Plain untuk kalangan vegetarian.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara