KM Awu Terbakar saat Docking di Kota Semarang

Ilustrasi KM Awu sandar di pelabuhan. (Bisnis/Istimewa)
26 Maret 2019 22:50 WIB Sri Mas Sari Semarang Share :

Semarangpos.com, JAKARTA — Kapal motor penumpang Awu milik PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) terbakar saat docking di galangan kapang area Pelabuhan Tanjung Emas, Kota Semarang, Jawa Tengah, Senin (25/3/2019) malam . Kebakaran yang terjadi pada KM Awu itu segera bisa dipadamkan.

Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni (Persero) Yahya Kuncoro mengatakan api yang membakar kapal itu berhasil ditanggulangi oleh tim pemadam kebakaran. Diterangkannya, KM Awu terbakar saat sedang menjalani perbaikan rutin tahunan alias docking di galangan milik PT Jasa Marina Indah (JMI).

"Terbakarnya di galangan, bukan sedang operasional, bukan di bawah kendali Pelni," jelasnya dalam siaran pers yang diterima Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI) di Jakarta, Selasa (26/3/2019). 

Pelni menyatakan belum mengetahui penyebab kebakaran karena galangan memprioritaskan pemadaman. Pelni bahkan belum bisa menaksir kerugian materiel yang diakibatkan kebakaran tersebut. 

KM Awu merupakan kapal tipe 1.000 pax dengan kapasitas angkut 1.000 orang buatan Jerman.Kapal itu biasa melayani rute pelayaran di wilayah Indonesia tengah.

Karena sedang docking, tidak ada kru atau anak buah kapal (ABK) Pelni di kapal tersebut. "Kapal sedang dock dan menjadi tanggung jawab JMI. Pelni mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak dalam proses pemadaman," tambah Yahya. 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Bisnis