Linmas Pati Diapelkan Jelang Pemilu 2019, Berikutnya Solo...

Anggota Satuan Linmas Pati diapelkan. (Antara/Akhmad Nazaruddin Lathif)
27 Maret 2019 15:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, PATI — Pemprov Jateng tak henti menyiapkan satuan perlindungan masyarakat (linmas) di seluruh provinsi ini untuk menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Puluhan ribu personel linmas di eks Keresidenan Pati diapelkan dengan alasan demi terwujudnya pemilu yang lancar, aman, dan kondusif. Solo menjadi lokasi apel selanjutnya untuk personel linmas di eks Keresidenan Surakarta.

"Dalam rangka memantapkan persiapan mereka mengamankan Pemilu 2019, maka anggota Linmas dari 11 kabupaten/kota atau dari wilayah Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) Pati, dihadirkan untuk mengikuti apel siaga Satlinmas dalam rangka pengamanan pilpres dan pileg 2019 di Pati," kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Jawa Tengah Budiyanto Eko Purwono di sela-sela gladi bersih di Alun-Alun PatiJawa Tengah, Selasa. Kesebelas kabupaten/kota di wilayah Bakorwil Pati tersebut, yakni Kabupaten Pati, Rembang, Blora, Kudus, Jepara, Kendal, Kota Salatiga, Kabupaten Semarang, Demak, Grobogan dan Kota Semarang.

Jumlah anggota linmas yang akan bertugas di tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 11 kabupaten dan kota di eks Keresidenan Pati itu mencapai puluhan ribu personel karena disesuaikan dengan jumlah TPS dengan jumlah personel setiap TPS ada dua orang. Misalnya, kata dia, pada tahun 2018 jumlah TPS di wilayah Bakorwil Pati sebanyak 17.409 TPS, maka jumlah personel Linmas yang akan diterjunkan mencapai 34.818 personel.

Sebelum diterjunkan di lokasi penugasan, kata dia, mereka juga sudah mendapatkan bimbingan teknis tentang tugas pengamanan selama pemungutan suara. Selain itu, katanya, ada pula anggota linmas yang bertugas di luar TPS yang akan ikut mengatur lalu lintas warga yang hendak masuk ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya.

Diselenggarakannya apel di Alun-Alun Pati, Rabu (27/3/2019), kata dia, dalam rangka pengarahan dari pimpinan daerah agar mereka semakin termotivasi untuk turut serta mendukung pelaksanaan Pemilu 2019 berjalan lancar, aman dan sukses. Menurut dia peran dari anggota Linmas tidak sendiri karena di TPS juga terdapat unsur pengamanan lain, dari anggota kepolisian, TNI, pengawas TPS, Bawaslu serta saksi dari masing-masing kontestan.

Sementara itu, jumlah total anggota Linmas di Jateng, katanya, mencapai 230.000 personel yang tersebar di 35 kabupaten/kota, sedangkan yang akan diterjunkan per TPS dua personel, maka ketika jumlah TPS di Jateng mencapai seratusan ribu TPS lebih, maka jumlahnya bisa mencapai dua ratusan ribu personel lebih. Apel siaga Satlinmas dalam rangka pengamanan Pilpres dan Pileg 2019 digelar di masing-masing Bakorwil, karena sebelumnya digelar kegiatan serupa di Banyumas, kemudian setelah Pati akan dilanjutkan ke Solo. 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara