Hujan Deras Dera Semarang, Sejumlah Pohon Tumbang

Ilustrasi pohon tumbang. (Istimewa/Udi Riyanto)
27 Maret 2019 22:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Hujan deras yang mengguyur Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Rabu (27/3/2019) siang, membuat sejumlah pohon tumbang. Fenomena pohon tumbang itu terjadi di beberapa wilayah di Kota Semarang. Tidak ada korban jiwa yang ditimbulkan dari tumbangnya beberapa pohon di sejumlah wilayah di ibu kota Jateng itu. Meski demikian, fenomena itu sempat membuat lalu lintas di sejumlah ruas jalan di Kota Semarang tersendat.

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang, Agoes Harmunanto, menyebutkan setidaknya ada sembilan pohon tumbang di sejumlah wilayah di Kota Semarang. “Pohon tumbang sore ini di Sadeng Gunungpati, lalu di dekat Gereja St. Paulus Jl. Majapahit, Sigar Bencah, dekat SMAN 15, di Kentengsari Banyumanik, di wilayah Bangetayu, di dekat tol Pedurungan, dekat Puskesmas Tlogosari Wetan, dan di dekat Kantor Polsek Genuk. Banyak sekali,” ujar Agoes dalam pesan singkat kepada Semarangpos.com, Rabu petang.

Agoes menyebut tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tumbangnya sejumlah pohon itu. Meski demikian, pihaknya belum bisa memprediksi berapa kerugian yang disebabkan fenomena cuaca ekstrem itu.

Sementara itu, Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Semarang, Iis Widya Harmoko, menyebut fenomena yang terjadi akibat hujan deras yang mengguyur sejak pukul 14.00-16.30 WIB itu bukan hanya pohon tumbang.

“Banyak sekali, ada longsor, banjir, angina puting beliung, dan hujan es. Ini disebabkan cuaca ekstrem yang terjadi pada masa peralihan dari musim penghujan ke musim kemarau,” jelas Iis.

Informasi yang diperoleh Semarangpos.com, angina puting beliung terjadi di sejumlah wilayah di Kecamatan Pedurungan, tepatnya Kelurahan Tlogosari Wetan. Ada setidaknya 14 rumah yang terpapar angina puting beliung dan mengalami kerusakan cukup parah.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya