Politeknik Pekerjaan Umum Pertama Dibuka di Semarang

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono (kiri) di sela/sela peresmian Politeknik Pekerjaan Umum di Semarang. (Bisnis)
28 Maret 2019 06:50 WIB Alif Nazzala Rizqi Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Rabu (27/3/2019), melantik Direktur Politeknik Pekerjaan Umum Indratmo Soekarno dan Wakil Direktur Pranoto Samto Atmojo di Kota Semarang, Jawa Tengah. Basuki mengatakan kampus Politeknik Pekerjaan Umum ini merupakan yang pertama di Indonesia.

Pada tahun 2019 ini, Politeknik Pekerjaan Umum pertama di Indonesia itu akan menerima 150 mahasiswa baru untuk program Diploma satu, dua, dan tiga. "Tahun ini Politeknik Pekerjaan Umum ini akan menerima 150 mahasiswa baru. Mereka akan dididik sebaik mungkin untuk menjadi lulusan yang kompeten di bidang PU," kata Basuki.

Dia menjelaskan Politeknik Pekerjaan Umum ini memiliki tiga jurusan yakni Tekhnologi Bangunan Gedung, Tekhnologi Bangunan Air dan Tekhnologi Jalan dan Jembatan. Basuki berujar jika untuk angkatan pertama tahun ini menggratiskan semua biaya perkuliahan untuk 150 mahasiswa. Selain itu, lanjut dia seleksi masuk Politeknik Pekerjaan Umum ini sangat terbuka bisa untuk lulusan SMA maupun SMK.

"Di sini seleksi secara terbuka untuk semua jurusan. Asalkan mereka lulus dan memenuhi kompetensi yang diharapkan tentunya bisa langsung mengikuti perkuliahan," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Politeknik Pekerjaan Umum Indratmo mengatakan jika selama perkuliahan nanti lebih banyak praktek dengana prosentase 60%. Sementara untuk teori dan tugas-tugas cukup 40% saja. Di sisi lain, dia memaparkan jika kebutuhan tenaga kerja jasa konstruksi di Indonesia mencapai 8,2 juta. Kendati demikian, yang bersertifikat baru belum ada 500.000 tenaga kerja.

"Kebutuhan tenaga ahli konstruksi cukup besar. Sehingga kami berharap lulusan Politekhnik Pekerjaan Umum bisa berkontribusi besar terhadap dunia konstruksi di Indonesia," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Bisnis