Pimpinan Kontingen ASEAN School Games 2019 Dipertemukan di Semarang

Ketua Panitia ASEAN School Games 2019 Washinton Galingging (ketiga dari kanan) memimpin rapat di Semarang, Kamis (28/3/2019). (Antara-Kemenpora - Muhlis)
28 Maret 2019 15:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Pimpinan dari 10 negara kontingen ASEAN School Games (ASG) Ke-11, Kamis (28/3/2019), dipertemukan di Kota Semarang, Jawa Tengah. Mereka memastikan kesiapan ajang pesta olahraga tahunan yang akan digelar di ibu kota Jawa Tengah itu, Juli 2019 mendatang.

Chef de Mission Meeting itu dipimpin oleh  Organising Committee Asean School Games 2019 Washinton Galingging. Menurut Washinton, ASG ke-11 di Semarang akan digelar 17-25 Juli 2019. Pembukaan ASG 2019 rencananya akan digelar di Semarang, sementara penutupan rencananya dilaksanakan di kompleks Candi Borobudur, Magelang.

Ia belum bisa memastikan pelaksanaan pembukaan yang rencananya digelar GOR Jatidiri Semarang itu karena arena olahraga itu masih dalam tahap perbaikan. "Untuk penutupan akan digelar di Borobudur, nantinya peserta akan berkesempatan menikmati pemandangan tenggelamnya matahari," katanya.

Asisten Deputi Bidang Pembibitan dan Iptek Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga tersebut mengatakan ajang pertandingan olahraga pelajar se-Asia Tenggara tersebut mengusung maskot Warak. Warak merupakan mahkluk mitologi yang menggambarkan simbol tiga budaya di Kota Semarang, yakni Jawa, Arab, Tiongkok.

ASG 2019, lanjut dia, akan mempertandingkan sembilan cabang olahraga. Kesembilan cabang olahraga tersebut masing-masing atletik, basket, tenis meja, bola voli, tenis, sepak takraw, renang, bulu tangkis, dan pencak silat. Para atlet yang bertanding dalam ajang yang digelar untuk kali kedua di Indonesia itu akan memperebutkan 151 medali.

Melalui ajang yang mengusung tema "Unity, Spirit, and Respect" tersebut, kata dia, ASG 2019 diharapkan bisa meningkatkan persabahatan dan solidaritas para pelajar Asean melalui pertandingan olahraga. Selama sekitar sembilan hari pelaksanaan ASG 2019, lanjutnya, para peserta juga berkesempatan untuk mengunjungi sejumlah objek wisata di Kota Semarang, seperti gedung Lawang Sewu, kawasan Kota Lama, serta Kelenteng Sam Poo Kong.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara