Wow, PNS Jateng Bakal Digembleng ke Luar Negeri

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, menyalami CPNS saat pemberian SK pengangkatan di Kantor Gubernur Jateng, Kota Semarang, Jumat (29/3 - 2019). (Semarangpos.com/Humas Pemprov Jateng)
29 Maret 2019 20:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, berencana mengirimkan pegawai negeri sipil (PNS) di jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng untuk mengikuti berbagai pelatihan di luar negeri. Kebijakan itu akan dilakukan Ganjar agar PNS Pemprov Jateng memiliki kualitas dan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni.

Hal itu disampaikan Ganjar saat menyerahkan surat keputusan (SK) pengangkatan CPNS Pemprov Jateng di halaman Kantor Gubernur Jateng, Jl. Pahlawan, Kota Semarang, Jumat (29/3/2019).

Total ada 1.841 CPNS yang mendapat SK pengangkatan hasil penerimaan CPNS 2018. Mereka terdiri dari tenaga medis, tenaga pendidikan, serta tenaga fungsional.

“Ini peningkatan kualitas PNS. Bibitnya bagus-bagus. Tugas kita nanti SDM akan dilakukan peningkatan kualitas dengan pelatihan-pelatihan. Tidak hanya dalam [negeri], termasuk luar negeri. Kemarin, staf Biro Pemerintahan yang baru lulus dari New Zealand ternyata bisa the best juga,” ujar Ganjar.

CPNS merupakan tahapan sebelum akhirnya diangkat sebagai abdi negara atau PNS. Mereka perlu waktu satu tahun untuk membuktikan kapasitasnya dalam berbagai pelatihan dan ujian melalui masa orientasi, masa pra jabatan dan lainnya. Selama berstatus CPNS, mereka akan menerima gaji 80 dari gaji pokok PNS sesuai golongannya.

Ganjar menyebutkan penerimaan CPNS tahun 2018 di lingkungan Pemprov Jateng tergolong transparan atau tidak ada campur tangan maupun intervensi pihak luar.

"Ini kita tunjukkan penerimaannya secara fair. Tadi saya sempat menanyakan apakah ada kolusi, mbayar, yang prosesnya tidak bener. Semuanya clear. Putra-ne Pak Sekda aja enggak keterima. Ini kita tunjukkan bahwa kita fair," katanya.

Ribuan penerima SK tersebut telah melalui berbagai tahapan seleksi dari administrasi sampai uji kemampuan. Setidaknya ada enam tahapan yang harus dilalui para peserta tes CPNS dari pendaftaran hingga pengumuman kelolosan. Yang sering dianggap terberat adalah proses Computer Assisted Test (CAT). Dalam proses CAT tersebut terdapat slot pertanyaan tentang kemanusiaan hingga kebangsaan.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya