Ratusan Climber Adu Ketangguhan di Udinus Semarang, Piala Menpora Diperebutkan

Para peserta tengah beradu cepat di arena panjat dinding dalam lomba Aldakawanesta Climbing Competition (ACC) ke-4 di Kampus Udinus, Kota Semarang, Jumat (29/3 - 2019). (Semarangpos.com/Humas Udinus)
30 Maret 2019 12:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Aldakawanaseta kembali menggelar lomba panjat tebing. Lomba Aldakawanesta Climbing Competition (ACC) yang ke-4 itu digelar di Kampus Udinus, Jl. Imam Bonjol No. 207, Semarang, mulai 29 maret-2 April 2019.

Lomba panjat dinding merupakan agenda dua tahunan yang digelar Udinus. Kali ini, lomba yang mempertemukan para climber nasional nonatlet itu digelar dalam lima kategori, yakni lead umum putra-putri, lead mahasiswa pencinta alam putra-putri, lead pelajar putra-putri, speed umum putra-putri, dan speed pelajar putra-putri.

Ketua Panitia ACC ke-4, Aisyah Ning Arumsari, mengaku menargetkan 270 peserta tampil dalam ajang tersebut. “Pendaftaran kami buka secara online maupun datang langsung ke kampus. Tahun ini, kami targetkan ada 270 peserta yang ikut, baik dari kalangan pelajar, umum, maupun mahasiswa, yang penting bukan dari atlet,” ujar Aisyah dalam keterangan resmi yang diterima Semarangpos.com, Jumat (29/3/2019).

Hingga saat ini, panitia telah melakukan berbagai persiapan untuk lomba ini, seperti pembuatan jalur dan finishing wall baru, hingga mempercepat proses pengumpulan peralatan. Dalam lomba ini, peserta akan dinilai oleh 10 juri dari Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) serta terdapat tim teknis yang akan ikut serta menjaga selama perlombaan berlangsung.

Setelah mendapatkan beberapa peserta dari luar Jawa seperti Sulawesi Utara di perlombaan sebelumnya, panitia ACC ke-4 berharap akan ada peserta dari Kalimantan, Sumatra, dan Sulawesi.

“Harapan kami, lomba Aldakawanaseta Udinus ini dapat dikenal luas. Bukan hanya antarsesama teman mapala perguruan tinggi, tapi juga mapala seluruh Indonesia,” imbuh Aisyah.

Total hadiah senilai Rp35 juta diperebutkan dalam perlombaan panjat dinding ini. Selain hadiah, peserta juga akan mendapat piala serta beasiswa kuliah di Kampus Udinus, untuk pemenang dari kalangan pelajar.

“Dukungan Kemenpora terhadap ajang ACC ini merupakan bukti kepercayaan pemerintah pada Udinus, khususnya bidang kepemudaan dan olahraga,” jelas Kepala Humas Udinus, Agus Triyono.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya