BMKG: Jateng Selatan Segera Masuki Pancaroba

Peta prakiraan awal musim kemarau tahun 2019 di wilayah Jawa Tengah. (Antara/BMKG)
31 Maret 2019 12:50 WIB newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, CILACAP — Kepala Kelompok Teknisi Stasiun Meteorologi BMKG Cilacap Teguh Wardoyo memprakirakan wilayah Jawa Tengah bagian selatan segera memasuki masa pancaroba atau transisi dari musim penghujan menuju musim kemarau.

"Awal masa transisi diprakirakan akan berlangsung pada pertengahan hingga akhir bulan April, selanjutnya masa transisi hingga memasuki awal musim kemarau maupun musim angin timuran yang diprakirakan sekitar bulan Juni," katanya di Cilacap, Jawa Tengah, Sabtu (30/3/2019).

Khusus untuk wilayah perairan selatan Jateng dan Daerah Istimewa Yogyakarta, kata dia, hingga sekarang masih berlangsung musim angin baratan. Dia mengakui arah embusan angin di perairan selatan Jateng-DIY dalam beberapa hari terakhir cenderung bervariasi, bahkan kadang dari timur laut hingga tenggara.

Menurut dia, hal itu bukan berarti wilayah perairan selatan Jateng-DIY sekarang memasuki musim angin timuran. "Itu sesaat saja karena ada pusaran angin di sekitar perairan Sumatra Utara. Nanti kembali angin baratan lagi, mengingat tekanan rendah masih banyak di selatan," katanya.

Kendati matahari sekarang telah bergerak ke belahan bumi utara, kata Teguh, hingga saat ini masih ada sisa energi yang belum terlepas atau masih tersimpan di belahan bumi selatan sehingga masih ada tekanan rendah. Terkait dengan prakiraan awal musim kemarau di wilayah Jateng bagian selatan, berdasarkan data yang dikeluarkan Stasiun Klimatologi BMKG Semarang, khusus untuk Kabupaten Cilacap bagian selatan diprakirakan pada dasarian ketiga Juni, Cilacap bagian tengah dan timur dasarian ketiga Mei, serta Cilacap bagian barat daya pada dasarian pertama Juni.

Awal musim kemarau di Kabupaten Kebumen bagian utara dan barat diprakirakan pada dasarian pertama Juni, Kebumen bagian selatan dasarian ketiga Mei, serta Kebumen bagian tenggara dan timur dasarian kedua Mei. Sedangkan awal musim kemarau di Kabupaten Purworejo bagian selatan, timur, tengah, dan barat diprakirakan pada dasarian kedua Mei, sementara itu Purworejo bagian utara dan barat laut pada dasarian pertama Juni.

Untuk awal musim kemarau untuk wilayah Jateng bagian tengah, khususnya Kabupaten Banyumas bagian utara, diprakirakan pada dasarian kedua Juni, Banyumas bagian tengah, tenggara, dan selatan pada dasarian pertama Juni, sedangkan Banyumas bagian barat daya pada dasarian ketiga Mei. Awal musim kemarau di Kabupaten Purbalingga bagian utara dan barat laut diprakirakan pada dasarian kedua Juni, sedangkan Purbalingga bagian timur, selatan, dan barat pada dasarian pertama Juni.

Awal musim kemarau di Kabupaten Banjarnegara bagian timur laut, timur, tenggara, dan barat daya diprakirakan pada dasarian pertama Juni, sedangkan Banjarnegara bagian barat laut pada dasarian kedua Juni.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara