BMKG Prakirakan Jateng Masuki Kemarau Mei 2019

Prakiraan awal musim kemarau. (bmkg.go.id)
01 April 2019 08:50 WIB newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan Jawa Tengah akan memasuki musim kemarau pada bulan Mei 2019. "Secara umum musim kemarau di Jawa Tengah diprakirakan terjadi pada Mei 2019," ungkap Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Semarang di Kota Semarang, Jawa Tengah, Minggu (31/3/2019).

Ia menyebut beberapa daerah sudah akan memasuki musim kemarau pada akhir April. Daerah-daerah yang akan memasuki musim kemarau paling awal tersebut, antara lain sebagian besar Blora, sebagian wilayah Rembang, Wonogiri, Pati, Jepara, dan Grobogan. Adapun kemarau paling akhir terjadi di sebagian Cilacap bagian selatan pada akhir Juni 2019.

Menurut dia, kemarau pada tahun ini pada umumnya diprakirakan berlangsung normal. Lama kemarau sendiri, lanjut dia, terjadi antara tiga hingga tujuh bulan. "Puncak kemarau diprakirakan terjadi pada Agustus," katanya.

Ia mengungkapkan kemarau terpanjang diperkirakan terjadi di wilayah pantai utara (pantura) timur Jawa Tengah, seperti sebagian Rembang dan Pati.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara