KIP Jateng Desak Kesbangpol Umumkan Perincian Dana APBD untuk Apel Kebangsaan

Wakil Ketua KIP Jateng, Zainal Petir. (Semarangpos.com/Imam Yuda S.)
01 April 2019 20:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Komisi Informasi Publik (KIP) Jawa Tengah (Jateng) meminta Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Jateng segera mengumumkan perincian biaya yang telah dikeluarkan untuk menggelar acara ‘Apel Kebangsaan Kita Merah Putih’ pada 17 Maret 2019.

Wakil Ketua KIP Jateng, Zainal Abidin Petir, mengatakan informasi itu sangat penting untuk secepatnya dirilis dan disampaikan kepada publik demi menghindari adanya dugaan penyimpangan dalam penggunaan APBD mencapai Rp18 miliar untuk apel kebangsaan.

“Publik perlu tahu informasi itu! Apalagi, acara itu sempat mengundang kontroversi karena menghabiskan uang rakyat [APBD] mencapai Rp18 miliar. Publik perlu tahu, uang sebanyak itu untuk apa saja? Efektif dan efisien tidak?” jelas Petir saat dijumpai Semarangpos.com di ruang kerjanya, Jl. Trilomba Juang, Kota Semarang, Senin (1/4/2019).

Petir menambahkan acara Apel Kebangsaan ‘Kita Merah Putih’ memang sempat mengundang kontroversi. Hal itu tak lain karena acara yang digelar selama enam jam itu menggunakan APBD pada pos anggaran Satuan Kerja (Satker) Kesbangpol Pemprov Jateng mencapai Rp18.764.420.000.

Beberapa kelompok masyarakat, seperti Pemuda Muhammadiyah Jateng dan Pattiro Semarang, bahkan mendesak Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) maupun Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk turun tangan mengaudit penggunaan APBD dalam acara itu.

Mereka menuding acara yang digelar Pemprov Jateng itu terkesan menghambur-hamburkan uang dan sedikit manfaatnya bagi kebutuhan masyarakat. Apalagi, pelaksanaan tender dalam acara itu dilakukan juga dengan sistem tender cepat.

Oleh karena itu, Zainal pun meminta Pemprov Jateng melalui Badan Kesbangpol bertindak transparan. Seluruh perincian biaya yang dikeluarkan untuk menggelar acara itu harus segera diumumkan kepada masyarakat.

“Segera diumumkan, utamanya melalui website Kesbangpol, media massa, dan juga media sosial. Biar publik tahu semua, berapa besar dana yang dikeluarkan dan untuk apa saja. Selain itu, apa yang mendasari dikeluarkan dana APBD untuk acara itu. Apakah efektif dan efisien? Itu yang perlu diketahui public!,” tegas Zainal.

Acara ‘Apel Kebangsaan Kita Merah Putih’ yang digelar Pemprov Jateng pada Minggu (17/3/2017) memang banyak menyita perhatian. Acara itu digelar dengan mengundang sederet artis nasional, seperti Slank, Armada, Letto, Virza ‘Idol’, hingga pedangdut Nella Kharisma.

Selain artis, acara yang dipusatkan di Lapangan Pancasila Simpang Lima itu juga menghadirkan sederet tokoh, seperti Habib Luthfi, K.H. Maimoen Zubair, Gus Muwafiq, dan Mahfud M.D.

Kepala Badan Kesbangpol Jateng, Achmad Rofai, yang dijumpai Semarangpos.com beberapa waktu lalu menilai dana yang dikeluarkan untuk menggelar apel kebangsaan cukup sebanding. Apalagi, tujuan digelarnya acara itu sangat bermanfaat, yakni untuk merawat kerukunan umat dan menjaga nilai-nilai kebangsaan masyarakat.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya