Asyik, PT KAI Daops IV Semarang Tambah 9.816 Tiket untuk Mudik Lebaran 2019

ilustrasi penumpang kereta api. (Solopos/Dok)
06 April 2019 18:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — PT Kereta Api Indonesia (KAI) menambah tiket perjalanan kereta api (KA) untuk masa angkutan Lebaran 2019. Hal itu dilakukan PT KAI menyusul sudah habisnya tiket perjalanan KA regular untuk keberangkatan mulai H-7 hingga H+3 Lebaran.

Di wilayah PT KAI Daerah Operasional (Daops) IV Semarang total ada sekitar 9.816 tiket tambahan yang disediakan setiap harinya. Tiket sebanyak itu dipergunakan untuk 14 perjalanan KA dari Stasiun Pasar Senen dan Gambir menuju Semarang, Surabaya, Malang, Blitar, dan lain-lain/

“Kami terus berupaya meningkatkan pelayanan dengan menambah KA tambahan pada masa angkutan lebaran tanpa mengurangi kenyamanan penumpang,” ujar Executive Vice President (EVP) PT KAI Daerah Operasional (Daops) IV Semarang, Mohamad Nurul Huda Dwi Santoso, kepada wartawan di Semarang, Jumat (5/4/2019).

Huda menambahkan tiket KA tambahan Lebaran 2019 itu akan mulai dijual mulai Sabtu (6/4/2019) secara online sejak pukul 00.01 WIB. Jumlah seat pada KA tambahan untuk wilayah PT KAI Daops IV Semarang mencapai 9.816 seat per hari itu terbilang meningkat sekitar 15% dibanding tahun lalu. Tahun 2018 lalu, PT KAI Daops IV Semarang hanya memberikan tiket tambahan sekitar 8.508 seat per hari.

Huda menambahkan masyarakat dapat melakukan pemesanan tiket KA tambahan ini melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, dan berbagai channel penjualan tiket resmi KAI lainnya.

Beberapa tips yang bisa digunakan oleh calon penumpang saat melakukan perburuan tiket KA baik untuk perjalanan mudik maupun balik, yakni usahakan agar koneksi internet stabil selama proses pencarian tiket, cari rute dan tanggal alternatif, dan cek ketersediaan tiket secara berkala.

KAI juga mengimbau kepada masyarakat agar membeli tiket Lebaran di kanal resmi KAI atau mitra resmi yang telah bekerja sama dengan KAI. Tujuannya untuk menghindari penipuan atau biaya jasa yang tidak wajar.

Sementara itu, untuk meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa KA selama masa angkut Lebaran 2017, PT KAI akan menggelar program pembagian takjil dan sahur secara gratis kepada penumpang. Kegiatan ini berlangsung pada sepuluh hari terakhir di bulan puasa.

“KAI juga akan melakukan Posko Angkutan Lebaran 2019 selama 22 hari mulai 22 Mei-16 Juni 2019. Selama masa posko, seluruh pegawai KAI akan dimaksimalkan untuk membantu kelancaran pelayanan,” imbuh Huda.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya