Pemprov Jateng Nilai Penting LRT Solo-Jogja

Kereta ringan atau light rail transit (LRT) rute Velodrome-Kelapa Gading memasuki Stasiun Velodrome Jakarta, Senin (25/2 - 2019). (Antara/Rivan Awal Lingga)
07 April 2019 06:50 WIB Yudi Supriyanto Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Pemerintah Provinsi Jawa Tengah membuka kemungkinan pemerintah membangun light rail transit (LRT) alias kereta api ringan yang dapat menyambungkan Solo dan Jogja jika ingin membangun moda transportasi berbasis rel tersebut di Jateng.

Gubernur Ganjar Pranowo menuturkan pihaknya siap mendukung penuh pemerintah pusat jika memiliki program pembangunan moda transportasi berbasis rel tersebut di Jawa Tengah mengingat LRT merupakan salah satu program unggulan transportasi umum. “Kalau mau dibuat, Solo-Jogja itu penting agar menyambung,” kata Ganjar dalam siaran pers yang diterima Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI), Jumat (5/4/2019).

Dia menjelaskan dirinya sangat setuju jika terdapat moda transportasi kereta api ringan di Jawa Tengah karena transportasi massal perlu dikembangkan. Di banyak negara maju yang menggunakan transportasi umum sebagai sarana transportasi, bukan kendaraan pribadi. Menurutnya, kendaraan pribadi merupakan salah satu penyebab pencemaran udara dan kemacetan. “Kalau ada di Jateng ya bagus. Kami sangat setuju,” katanya.

Di Jawa Tengah, lanjutnya, rencana pembangunan kereta api ringan sudah ada, dan tinggal menunggu realisasinya. Pembangunan tersebut rencananya akan ada di Kota Semarang, dan Pemerintah Kota Semarang sudah melakukan persiapan sejak lama.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Bisnis