Kenali Caleg di Dapil Jateng I, Ada Jamal Mirdad, Yayuk Basuki, hingga Cut Meyriska...

07 April 2019 12:50 WIB Samdysara Saragih Semarang Share :

Semarangpos.com, JAKARTA — Nama Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo tak lagi menghiasi deretan calon anggota legislatif di Daerah Pemilihan Jawa Tengah I pada Pemilihan Umum 2019. Namun, Dua nama idola remaja, Cut Ratu Meyriska dan Ahmad Adly Fairuz, dipasang partai politik pengusung mereka di Dapil Jateng I.

Larangan Presiden Joko Widodo dan fokus di Kabinet Kerja menjadi alasan Tjahjo Kumolo tidak menjadi caleg. Pada Pemilu 2014, politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu lolos ke Senayan dari Dapil Jateng I, tetapi ia lalu meninggalkan kursinya setelah masuk Kabinet Kerja.

Tak ada pula nama Wakil Ketua DPR Agus Hermanto di Dapil Jateng I pada pileg kali ini. Padahal politisi gaek Partai Demokrat ini adalah andalan partainya ketika mendulang suara lima tahun lalu.

Tanpa Tjahjo, PDIP masih bisa berharap kepada Juliari P. Batubara yang mendapat coblosan terbanyak pada Pileg 2014 lalu. Sementara itu, Demokrat memiliki tenaga baru, yaitu Direktur Utama Persatuan Sepak Bola Indonesia Semarang (PSIS) Yoyok Sukawi, anak mantan wali kota Semarang Sukawi Sutarip.

Pileg 2019 akan menjadi ajang pembuktikan bagi penyanyi senior Jamal Mirdad. Sudah dua kali politisi Partai Gerindra tersebut terpilih dari Dapil Jateng I dan kembali didaftarkan untuk mencetak hattrick.

Keberhasilan caleg artis hendak ditiru pula oleh Partai Nasdem. Dua idola remaja, Cut Ratu Meyriska dan Ahmad Adly Fairuz, dipasang di Dapil Jateng I bersama dengan caleg petahana. Namun, para caleg petahana tentu tidak tinggal diam. Minus Agus Hermanto, tujuh petahana dicalonkan lagi dari Dapil Jateng I, termasuk legenda tenis Yayuk Basuki.

Dapil Jateng I mencakup Kabupaten Semarang, Kabupaten Kendal, Kota Semarang, dan Kota Salatiga. Sebanyak 2,86 warga empat daerah tersebut memiliki hak suara pada Pileg 2019.

PETAHANA DAPIL JATENG I   

Partai Politik 

Petahana 

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan 

Juliari P. Batubara 

Tuti Nusandari Roosdiono 

Partai Golkar 

Mujib Rohmat 

Partai Gerindra 

Jamal Mirdad 

Partai Demokrat  

Agus Hermanto 

Partai Kebangkitan Bangsa 

Alamuddin Dimyati Rois 

Partai Amanat Nasional 

Yayuk Basuki 

Partai Nasdem 

Fadholi 

PEMILIH DAPIL JATENG I 

Kabupaten/Kota 

DPT 

Kota Semarang 

1.176.074 

Semarang 

778.993 

Kendal 

778.630 

Kota Salatiga 

135.149 

Total 

2.868.846 

 Sumber: KPU, DPR 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Bisnis