Dana Kelurahan di Kudus Cair Mei

Acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Kudus di pendapa kabupaten setempat. (Antara/Akhmad Nazaruddin Lathif)
09 April 2019 09:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, KUDUS — Pemerintah Kabupaten Kudus menargetkan pencairan dana kelurahan di daerah setempat mulai Mei 2019. Target itu didasarkan selesainya perubahan Peraturan Bupati Kudus tentang Penjabaran APBD 2019.

"Bulan Mei 2019 merupakan tahap pertama pencairan karena nantinya dicairkan tiga kali," kata Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Kudus Eko Djumartono di Kudus, Jawa Tengah, Senin (8/4/2019).

Untuk pencairan berikutnya, kata dia, tentunya ada persyaratan administrasi yang harus dipenuhi, salah satunya terkait laporan penggunaan dana tersebut. Setelah revisi perbup dilakukan, kata dia, tahap berikutnya Pemkab Kudus akan menyampaikannya kepada DPRD Kudus.

Dengan selesainya perubahan Perbup tentang Penjabaran APBD 2019, maka masing-masing kelurahan juga sudah menyusun Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) karena dasar perubahan perbup tersebut merupakan RKA. Ia mengatakan dana kelurahan tersebut bisa digunakan untuk pengembangan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat.

Alokasi dana kelurahan yang diterima Kabupaten Kudus dari Pemerintah Pusat adalah Rp3,18 miliar. Dengan alokasi dana senilai itu, kata dia, masing-masing kelurahan di Kudus akan mendapatkan dana sebesar Rp352,94 juta.

Kesembilan kelurahan yang ada di Kabupaten Kudus, yakni Purwosari, Wergu wetan, Wergu Kulon, Panjunan, Mlati Norowito, Mlati Kidul, Kajeksan, Sunggingan dan Kerjasan. Terkait penggunaan dana kelurahan tersebut, kata dia, di beberapa daerah ada yang membentuk tim pengelola pengadaan dan sebagian lagi menunjuk kontraktor pelaksana.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara