Gempa Ringan Dua Kali Guncang Klaten

Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG Banjarnegara), Setyoajie Prayoedhie. (Antara/Wuryanti)
09 April 2019 22:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, BANJARNEGARA — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan adanya dua kali gempa ringan yang mengguncang wilayah Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Selasa (9/4/2019). Kedua gempa kecil itu berkekuatan 2,2 SR dan 2,0 SR.

"Terjadi dua kali gempa kecil yang tidak dirasakan, masing-masing berkekuatan 2,2 SR pada pukul 12.46 dan 2,0 SR pada pukul 16.35 waktu setempat," ungkap Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG Banjarnegara) Setyoajie Prayoedhi di Banjarnegara, Jawa Tengah, Selasa.

Dia menjelaskan gempa pertama berlokasi pada koordinat 7.71 LS dan 110.58 BT atau 1 k m barat laut Klaten pada kedalaman 10 km. Sedangkan, gempa kedua berlokasi pada koordinat 7.81 LS dan 110.52 BT atau 13 km barat daya Klaten pada kedalaman 10 km.

"Dua kejadian gempa tersebut merupakan gempa kecil, namun demikian, kejadian gempa bumi di Jawa Tengah rata-rata memang berkekuatan kecil," katanya.

Dia juga mengatakan wilayah Jawa Tengah termasuk ke dalam zona seismotektonik aktif karena adanya pertemuan subduksi di Selatan Pulau Jawa. Ditambahkannya kemudian, kegempaan regional di wilayah Jawa Tengah dibagi atas dua kelompok.

"Yakni kegempaan lajur tunjaman Selatan Jawa Tengah yang makin dalam ke arah Utara berkedalaman dangkal 0 km-600 km, dan kegempaan lajur sesar aktif Jawa Tengah berkedalaman dangkal di bawah 100 km," katanya.

Sebelumnya, dia mengatakan masyarakat perlu mengetahui dan memperkuat upaya mitigasi bencana. "Dengan memahami sumber gempa dan potensi bencana maka masyarakat bisa memperkuat upaya mitigasi bencana minimal untuk diri sendiri dan menggali informasi secara mandiri dari sumber yang terpercaya," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara