Avanza Catatkan 23% Penjualan Toyota di Jateng

Model berpose saat peluncuran New Avanza dan New Veloz di Jakarta, Selasa (15/1 - 2019). (Bisnis/Abdullah Azzam)
10 April 2019 14:50 WIB Yudi Supriyanto Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — PT Toyota Astra Motor mencatat penjualan ritel kendaraan serba guna kecil atau low multipurpose vehicle (LMPV) Avanza di Jawa Tengah mencapai 23,13% peraihan penjualan perusahan itu pada kuartal pertama tahun 2019 ini.

Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto mengungkapkan total penjualan ritel perusahaan dari Januari sampai Maret tahun ini di Jawa Tengah mencapai 5.733 unit. “Kuartal pertama tahun ini, total penjualan ritel sebanyak 5.733 unit,” kata Soerjo kepada Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI), Selasa (9/4/2019).

Dia menuturkan kendaraan serba guna kecil Avanza yang baru diluncurkan pada awal bulan tahun ini tercatat telah terjual sebanyak 1.326 unit di Jawa Tengah atau sekitar 23,13% dari total penjualan ritel di Jawa Tengah, yakni 5.733 unit.   Menurutnya, surat pemesanan kendaraan (SPK) LMPV Avanza secara nasional sudah di atas 20.000 unit sejak diluncurkan.

Pada Maret tahun ini, dia mengungkapkan penjualan ritel Avanza secara keseluruhan di dalam negeri menjadi yang tertinggi, yakni 6.476 unit. Penjualan ritel LMPV Avanza tersebut berada di atas penjualan ritel low sport utility vehicle (LSUV) Rush yang mencapai 5.418 unit pada Maret 2019.

Di posisi ketiga, penjualan ritel Kijang Innova menjadi yang terbanyak pada bulan lalu, yakni 4.447 unit. Adapun penjualan ritel Calya dan Agya pada bulan ketiga tahun ini masing-masing tercatat sebanyak 4.679 unit dan 1.867 unit.

Kemudian, penjualan ritel sport utility fortuner (SUV) Fortuner, dia mengungkapkan mencapai sebanyak 1.506 unit. Total penjualan ritel TAM di dalam negeri untuk kendaraan Avanza, Rush, Kijang Innova, Calya, Agya, dan Fortuner sebanyak 27.765 unit pada Maret tahun ini.

Sementara itu, lanjutnya penjualan ke dealer atau wholesales secara keseluruhan pada bulan lalu untuk merek-merek tersebut tercatat sebanyak 28.725 unit.  

Pasokan ke dealer LMPV Avanza pada bulan lalu merupakan yang tertinggi dibandingkan dengan Rush, Kijang Innova, Calya, Agya, dan Fortuner. TAM mencatat, pasokan ke dealer Avanza mencapai 8.538 unit pada Maret 2019.

Sementara itu, Rush sebanyak 5.063 unit, Kijang Innova 5.014 unit, Calya 3.138 unit, Agya 2.257 unit, dan Fortuner dipasok sebanyak 1.638 unit. Dia menambahkan, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sebagai pabrikan yang memproduksi Avanza sudah menambah produksi Avanza pada bulan lalu.

Dengan penambahan produksi tersebut diharapkan dapat memenuhi outstanding pesanan yang ada di dealer-dealer. “Mulai Maret, ADM sudah menambah produksinya. Mudah-mudahan bisa mempercepat pemenuhan outstanding pesanan yang ada di dealer,” katanya.

Sebelumnya, Soerjo menuturkan, minat masyarakat untuk membeli New Avanza sangat tinggi di seluruh daerah, termasuk Jawa Tengah. Oleh karena itu, perusahaan mengusahakan untuk terus menambah pasokan guna memenuhi kebutuhan tersebut. 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Bisnis