Pabrik Gula Swasta Diajak Dukung Swasembada Gula

Wakil Bupati Pati Saiful Arifin menyampaikan sambutan pada selamatan giling Pabrik Gula Trangkil tahun 2019 di Kecamatan Trangkil, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Sabtu (6/4 - 2019). (Antara/Istimewa)
10 April 2019 02:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, PATI — Pabrik gula swasta di Kabupaten Pati, Jawa Tengah diajak mendukung upaya pemerintah mewujudkan target swasembada gula nasional pada tahun 2019.

"Mudah-mudahan semua pihak berkomitmen dalam upaya pencapaian swasembada gula nasional tahun 2019 melalui program akselerasi peningkatan produksi gula", ujar Wakil Bupati Pati, Saiful Arifin, saat menghadiri Selamatan Giling Pabrik Gula Trangkil Tahun 2019 di Pati, Sabtu (6/4/2019).

Untuk melakukan akselerasi peningkatan produksi gula, kata dia, diperlukan antisipasi iklim, efisiensi, perhatian pada limbah serta kerja sama dengan berbagai pihak, baik petani, pabrik gula maupun dengan pemerintah. Ia juga mengingatkan agar kesejahteraan petani juga diperhatikan.

Berdasarkan perkembangan PG Trangkil dan hasil evaluasi musim giling tahun 2018, dia menilai kondisinya sudah cukup baik. Pada kesempatan tersebut, dia mengajak, semua pihak yang terkait dengan produksi gula untuk mengembangkan sikap yang lebih terbuka dan lebih memiliki komitmen kuat sehingga sektor pertebuan dan pergulaan dapat terus eksis dalam mendukung perekonomian daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Ini merupakan tantangan bersama untuk mewujudkan, mempertahankan dan meningkatkan pergulaan Indonesia agar tidak kalah bersaing dengan gula impor," ujarnya sebagaimana dipublikasikan Kantor Berita Antara, Minggu (7/4/2019).

Ia berharap pemerintah meninjau kembali kebijakan gula impor dan merevisi regulasi tentang pergulaan agar lebih berpihak pada pergulaan nasional, bukan pada gula impor. "Kami juga turut berdoa agar musim giling tahun ini dapat berjalan dengan baik, lancar, aman dan sukses serta memberikan manfaat pada keluarga besar PG Trangkil khususnya dan masyarakat Pati pada umumnya," ujarnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara