Bank Indonesia Kucurikan Bantuan ke Cilacap

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto Agus Chusaini (kanan depan) saat menyerahkan secara simbolis bantuan PSBI di Balai Desa Klaces, Kecamatan Kampung Laut, Cilacap, Jateng, Rabu (10/4 - 2019). (Antara/Sumarwoto)
10 April 2019 19:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, CILACAP — Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Purwokerto menyalurkan bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) untuk warga Kecamatan Kampung Laut, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

PSBI tersebut diserahkan secara simbolis oleh Kepala KPw BI Purwokerto Agus Chusaini didampingi Camat Kampung Laut Nurindra Wahyu Wibawa kepada perwakilan penerima bantuan di Balai Desa Klaces, Kecamatan Kampung Laut, Cilacap, Jawa Tengah, Rabu (10/4/2019).

Dalam hal ini, PSBI yang disalurkan berupa bantuan buku dan sarana perpustakaan untuk Perpustakaan Desa Kuncup Mekar Desa Klaces, bantuan buku dan sarana perpustakaan untuk Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Kampung Laut, serta bantuan pembangunan sarana kebersihan untuk Masjid Al Furqon Desa Ujungalang.

Saat memberikan sambutan, Kepala KPw BI Purwokerto Agus Chusaini mengatakan bantuan tersebut merupakan wujud kepedulian Bank Indonesia dalam rangka menyejahterakan masyarakat. "Kami berharap kerja sama kami Bank Indonesia dengan warga Kampung Laut terus berjalan dan kami bisa bahu-membahu untuk membangun perekonomian," katanya.

Sementara itu, saat ditemui wartawan usai acara, Agus mengatakan bantuan buku yang diberikan untuk perpustakaan sebanyak 150 eksemplar termasuk rak bukunya. Menurut dia, jenis buku yang diberikan untuk perpustakaan disesuaikan dengan kebutuhan.

"Misalnya, untuk perpustakaan desa tentunya buku-buku yang diberikan disesuaikan dengan kebutuhan seperti buku tentang memasak untuk ibu-ibu PKK. Jenis bukunya ditentukan oleh penerima bantuan," katanya.

Camat Kampung Laut Nurindra Wahyu Wibawa mengatakan pihaknya masih merintis sejumlah kegiatan, salah satunya perpustakaan sehingga membutuhkan dukungan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, kata dia, pihaknya bersyukur karena Bank Indonesia telah memberikan dukungan dalam pengembangan perpustakaan khususnya di Desa Klaces.

"Walaupun masih merintis, Klaces memiliki prestasi karena menjadi Juara 2 Lomba Perpustakaan Desa Tingkat Kabupaten Cilacap karena jarang ada desa yang mengalokasikan tempat (untuk perpustakaan) sendiri, mengalokasikan anggaran untuk perpustakaan, dan sebagainya," katanya.

Selain menyerahkan bantuan PSBI, Tim KPw BI Purwokerto berkesempatan untuk menyosialisasikan kebanksentralan dan ciri-ciri keaslian uang rupiah kepada warga Desa Klaces dan siswa SMPN 2 Kampung Laut serta melayani penukaran uang rupiah lusuh atau rusak dengan uang rupiah yang masih baru.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara