Logistik Pemilu Didorong ke PPK di Temanggung

Sejumlah pekerja di KPU Kabupaten Temanggung menaikkan logistik pemilu ke truk untuk dikirim ke panitia pemilihan kecamatan (PPK). (Antara/Heru Suyitno)
11 April 2019 03:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, TEMANGGUNG — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Temanggung mulai mendistribusikan logistik untuk pemilihan calon anggota legislatif dan pemilihan calon presiden dan calon wakil presiden pada Pemilu 2019 ke panitia pemilihan kecamatan (PPK).

Ketua KPU Kabupaten Temanggung M. Yusuf Hasyim mengatakan distribusi logistik didahulukan untuk kecamatan yang paling jauh dari KPU. "Kami dahulukan kecamatan yang wilayahnya terjauh dari KPU. Hari ini distribusi ke empat PPK, yakni Bejen, Tretrep, Wonoboyo, dan Kledung," katanya di Temanggung, Jawa Tengah, Rabu (10/4/2019).

Ia menyebutkan logistik yang didistribusikan ke PPK, antara lain kotak suara dan bilik suara sesuai dengan kebutuhan PPK masing-masing. Isi kotak suara, antara lain surat suara, lampiran C, lampiran C1 berhologram, dan beberapa perlengkapan lainnya yang wajib ada saat pelaksanaan pencoblosan pada 17 April mendatang.

Ia menuturkan untuk setting logistik ke dalam kotak suara, pihaknya melibatkan langsung PPK dari masing-masing kecamatan. Setting logistik dilakukan PPK di lapangan tenis indoor Kowangan. "PPK kami libatkan langsung, mereka lebih paham dan mengetahui data dan kebutuhan di kecamatan mereka," katanya.

Ia menuturkan dengan kapasitas yang sangat terbatas, maka setting logistik tidak bisa dilakukan serentak 20 kecamatan, namun terjadwal sesuai dengan kondisi geografis dari kecamatan. "Logistik yang sudah lengkap langsung didistribusikan ke kecamatan,” katanya.

Yusuf mengatakan untuk distribusi ke tingkat desa atau panitia pemungutan suara (PPS) maksimal dilakukan pada H-1 pencoblosan. "Semua logistik sudah harus di PPS sebelum hari H pelaksanaan pencoblosan,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara